7/29/2016

10 Kiat Membangun Sebuah Blog

INVHO.com - Untuk membangun sebuah blog bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan sebuah ketekunan, kesabaran, serta semangat. Membangun sebuah blog harus punya tujuan dan untuk mencapai tujuan tersebut butuh waktu lama. Siapapun bisa membuat blog, hanya perlu kemauan dan tekad yang besar, jangan jadikan ketidaktahuan sebagai alasan untuk tidak membuat atau memiliki blog.

10 Kiat Membangun Sebuah Blog
source image www.wminnovations.in
Saat Anda mulai mengerjakan satu pekerjaan maka yakin bahwa Anda bisa menyelesaikannya, tidak ada pekerjaan yang sulit jika di kerjakan, sama halnya dalam membuat blog. Namun perlu diingat bahwa untuk membuat dan membangun blog dibutuhkan kiat-kiat khusus. Berikut 10 kiat membangun sebuah blog, Anda boleh menerapkannya jika ingin serius menjadi seorang blogger.

1.    Pembuatan Blog

Langkah awal adalah membuat blog, Ada banyak pilihan platform pembuatan blog. Saran saya (bisa Anda terima bisa tidak), namun jika Anda masih pemula maka cobalah membuat satu blog dengan platform dari Google yaitu Blogger. Setelah menentukan plaform yang ingin Anda gunakan, selanjutnya buatlah blognya. Ada banyak artikel yang bertebaran di internet tentang cara membuat blog dari platform blogger, ikuti langkah-langkahnya secara detail, saya yakin Anda bisa. Pastikan nama blog yang Anda buat mudah di ingat, penulisan dan pengucapannya tidak sulit.

 

2.    Pemilihan Domain

Jika Anda serius membangun blog maka saya sarankan dari awal untuk menggunakan domain khusus, Anda harus custom blog Anda ke TLD (Top Level Domain). Blog akan terlihat profesional jika custom domain dari sejak awal, pilihlah penyedia domain lokal agar lebih mempermudah Anda dalam proses setting.

 

3.    Membuat Plan yang Harus Dikerjakan

Sadarkah Anda bahwa segala sesuatu yang dikerjakan dengan sebuah perencanaan akan lebih cepat berhasil, sama halnya dalam membangun blog. Membangun blog agar lebih cepat sukses maka buatlah sebuah perencanaan yang harus dikerjakan lebih sistematis. Contoh:
  • Buatlah plan akan menulis artikel atau konten 1 atau 2 dalam sehari
  • Melakukan Blogwalking minimal 2 (dua) kali dalam seminggu
  • Mencari referensi untuk menulis minimal sekali dalam seminggu

4.    Menjalankan Plan Secara Sistematis

Setelah Anda membuat plan, segera jalankan plan tersebut secara sistematis. Lakukan plan tersebut karena itu sudah menjadi tanggung jawab Anda, dengan begitu Anda akan lebih menghargai plan yang telah Anda buat sendiri. Usahakan fokus untuk mengerjakan satu pekerjaan sampai selesai sebelum mengerjakan yang lain. Bekerja secara sistematis sesuai dengan rencana akan membuat waktu Anda lebih efisien dan ringan.

 

5.    Mengembangkan Kemampuan Menulis

Menjadi seorang blogger maka kegiatannya tidak lepas dari tulis menulis. Karena itu, perlu mengembangkan kemampuan menulis yang Anda miliki, belajarlah merangkai kata menjadi sebuah kalimat dari ide atau gagasan sendiri. Dengan begitu, secara tidak sadar kemampuan menulis Anda akan terus berkembang. Anda tidak perlu menjadi ahli bahasa untuk bisa menjadi seorang blogger.

 

6.    Memahami Topik

Memahami topik yang Anda ulas dalam sebuah artikel adalah salah satu cara membuat blog lebih suskes. Upayakan apa yang Anda tuang dalam artikel tersebut semuanya berasal dari ide atau gagasan sendiri. Jangan pernah mengisi blog Anda dengan artikel yang bukan dari hasil karya sendiri, menjiplak atau mengcopy paste artikel dari blog lain membuat Anda tidak bisa berkembang.

 

7.    Serius

Menjadi seorang blogger harus serius, jika hanya ingin mencoba maka saya sarankan untuk tidak memulai. Seorang blogger tanpa semangat dan keseriusan akan membuat Anda lebih cepat bosan, lelah lalu berhenti. Membangun blog yang sukses butuh proses dan waktu yang lama.

 

8.    Belajar Pengetahuan Teknis

Meskipun Anda ingin membangun blog dengan menggunakan layanan blogging gratis seperti yang sarankan yaitu Blogger, Anda tetap harus belajar hal-hal teknis, seperti memahami apa itu domain, hosting, template, database dan lain sebagainya. Bukan itu saja, Anda harus membekali diri juga dengan pengetahuan agar blog cepat berkembang seperti memahami tentang ping service, social bookmarking, search engine optimization (SEO), blog carnival dan lain-lain.

 

9.    Lakukan Analisa Perkembangan Blog

Lakukan analisa perkembangan blog yang Anda bangun, tetapkan waktu analisa Anda, misalnya seminggu sekali, lihat apakah ada perkembangan secara signifikan yang terjadi dalam seminggu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengetahui kiat atau upaya apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk perkembangan blog Anda.

 

10.    Aktif Dalam Sebuah Forum

Aktif dalam sebuah forum adalah salah satu cara ampuh membuat blog lebih cepat terkenal. Jangan pernah merasa ragu dan malu untuk bertanya dalam sebuah forum, usahakan saling berbagi pengalaman, bertukar pikiran dan saling memberi saran.

Itulan 10 kiat membangun sebuah blog, semoga kiat ini dapat membuat Anda lebih bersemangat, semangat menjalankan rutinitas sehari-hari. Membuat sebuah blog dan membangunnya ada sebuah usaha dan tidak ada usaha yang sia-sia jika dilalukan secara ikhlas, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait