7/11/2016

Manfaat dan Cara Membuat Buku Tamu atau Guestbook di Blog

INVHO.com - Buku tamu atau guestbook adalah merupakan wadah untuk sharing, berbagai cerita dan pengalaman dengan para pengunjung blog. Buku tamu atau guestbook menyediakan space untuk para tamu blog berbagai testimoni untuk bisa menulis saran, kritik atau menyumbangkan artikel. Dan tidak kalah penting sebagai bentuk silaturahmi antar sesama blogger.

Guestbook atau Buku Tamu
source www.playbuzz.com
#Manfaat Buku Tamu atau Guestbook

Maanfaat dari buku tamu atau guestbook sebenarnya sangat banyak, namun saya hanya merangkum dalam 5 point yang menurut saya penting untuk Anda ketahui. Berikut manfaat dari buku tamu atau guestbook :

1.    Menjalin Silaturahim Sesama Blogger
Dengan menyediakan buku tamu atau guestbook itu berarti Anda telah menyediakan tempat bersilaturahim bagi pengunjung blog Anda, ini tentu akan mempererat persahabatan sesama blogger. guestbook memberikan ruang kepala para pengunjung blog untuk bisa saling mengenal.

2.    Saran dan Kritik Membangun
Tidak hanya silaturahmi tapi dengan adanya guestbook di blog maka Anda akan memperoleh saran dan kritik. Saran dan kritik tersebut dapat Anda jadikan sebagai sarana demi kemajuan blog Anda kedepannya. Anda dapat membangun blog Anda lebih baik dari sebelumnya.

3.    Saling Membantu
Dengan guestbook , Anda sesama blog bisa saling membantu jika ada kendala, Anda bisa saling membantu memecahkan masalah atau keluhan yang Anda alami. Selain itu Anda dapat saling membantu atau berbagi artikel, tidak menutup kemungkinan tamu Anda dapat berbagi artikel kepala Anda, baik itu secara sukarela atau pun karena ada kesepakatan tertentu antara Anda dan pengunjung atau tamu blog Anda.

4.    Menjalin Persahabatan Tanpa Kenal Jarak
Guestbook memudahkan Anda untuk saling mengenal satu sama lainnya, Anda dapat berkenalan dengan teman baru dari berbagai wilayah bahkan mancanegara dengan satu profesi. Dengan begitu tanpa Anda sadari jumlah teman Anda akan terus bertambah, jumlah teman bertambah maka jumlah pengunjung blog Anda pun semakin banyak.

5.    Mendapatkan Backlinks
Dengan Buku tamu atau guestbook di blog, maka pengunjung akan lebih mudah mendapatkan backlink, karena itu setiap Anda menuliskan sesuatu di buku tamu disarankan untuk menyertakan link dan URL blog Anda. Sangat sayang jika dilewatkan karena itu termasuk backlink gratis.

#Cara Membuat Buku Tamu atau Guestbook

Setelah mengetahui manfaat dari buku tamu atau guestbook maka mungkin Anda berminat untuk membuatnya atau memasang di blog Anda. Ada banyak cara untuk membuat buku tamu atau guestbook mulai dari menggunakan penyedia situs pihak ketiga maupun langsung membuat dengan PHP dan MySQL.

Disini saya hanya membantu Anda membuat buku tamu atau guestbook dengan menggunakan situs pihak ketiga, cara ini sangat simple dan gratis. Simak langkah berikut :
1.    Silahkan Anda berkunjung ke situs Cbox.
2.    Silahkan lengkapi kolom registrasi dari Cbox.

Registrasi Cbox

3.    Buka email yang Anda registrasikan, pastikan Anda terima email dari Cbox berupa URL account Anda di Cbox.

Email Cbox

4.    Silhahkan Anda login melalui URL yang dikirim, setelah login akan muncul Account details Cbox Anda. Anda bisa ubah bahasa sesuai selera.

Account Details Cbox

5.    Kemudian pada bagian atas silahkan Anda tekan menu publish untuk mendapatkan Embed kode, copy kode tersebut.

Embed Kode Cbox

6.    Tahap diatas selesai, sekarang Anda kembali ke blogger. Silhakan Anda membuat laman atau pages seperti biasanya. Buat laman atau pages dengan judul uestbook lalu pubhlis (deskripsi dikosongkan saja), dengan itu Anda akan mendapatkan URL dari laman yang Anda buat kurang lebih seperti ini:
http://www.domain.com/p/guestbook.html
7.    Terakhir, laman atau pages yang Anda buat silahkan diedit, pada bagian deskripsi baru Anda isi dengan mempaste kode yang Anda copy dari Cbox, pilih jenis penulisan HTML

Sekarang Anda sudah membuat buku tamu atau guestbook di blog Anda, semoga artikel ini tentang manfaat dan cara membuat buku tamu atau guestbook di blog bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait

3 comments