9/19/2016

3 Langkah Menyelaraskan Pemasaran Di Sosial Media Dengan Tujuan Bisnis Anda

INVHO.com - Jika Anda melakukan pemasaran melalui sosial media, Anda perlu memonitor semua kegiatan tersebut untuk mengetahui hasilnya. Semua kampanya yang Anda lakukan, tentu ingin hasil atau profit yang memuaskan. Untuk itu, Anda perlu menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan bisnis Anda.

Menyelarasakan pemasaran di sosial media untuk tujuan bisnis, bisa Anda lakukan dengan mengukur ROI. Mengukur ROI, Anda bisa mengetahui pemasaran tersebut berjalan dengan baik atau tidak. Dengan 3 langkah dibawah, Anda dapat mengambil strategi pemasaran yang tepat untuk memaksimalkan ROI dan mencapai tujuan yang Anda inginkan.

Berikut tiga langkah menyelaraskan pemasaran di sosial media untuk tujuan bisnis Anda.

1. Tetapkan Tujuan Pemasaran Anda


Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk dapat mengukur ROI. Misalnya, dengan mengukur pendapatan, jumlah klik, akuisisi pelanggan, dll. Namun, untuk melacak dan mengukur ROI, Anda perlu menuggu akhir dari kampanye produk yang Anda lakukan.

Selain berdampak terhadap pendapatan Anda, pemasaran di sosial media dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness and facilitate customer service. Jadi, tentukan juga tujuan pemasaran Anda dengan melacak kampanye. Seperti, melacak lead, pelanggan, lalu lintas, dan tingkat konversi.

Masing-masing tujuan pemasaran perlu digali sampai ketahap dimana konsumen melakukan pembelian. Selain itu, Anda juga perlu memahami semua hal atau tindakan yang berkaitan dengan tingkat konversi. Seperti, penayangan video, interaksi sosial, jumlah download, pendaftaran newsletter, klik link, registrasi, pembelian dan banyak lagi.

2. Mengidentifikasi Platform Sosial Media


Dalam melakukan promosi, Anda perlu menggunakan platform sosial media yang tepat. Untuk itu, Anda harus memahami konsumen terlebih dulu, pastikan Anda mengetahuai platform mana yang digunakan konsumen untuk membeli produk. Setiap konsumen menggunakan platform yang berbeda-beda, kadang konsumen lebih tertarik menggunakan Instagram daripada Twitter ataupun sebaliknya.

Untuk mengidentifikasi hal tersebut, lakukan pendekatan di sosial media. Mungkin terlihat sulit tapi ini merupakan jalan yang tepat untuk menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan bisnis Anda.

3. Lacak dan Membuat Laporan Kampanye


Menyelaraskan pemasaran di sosail media dengan tujuan bisnis bisa juga dilakukan dengan melacak semua kampanye yang Anda mulai. Yang Anda lacak seperti, jumlah iklan, biaya iklan, lama promosi, lokasi promosi, dll. Untuk mempermudah pelacakan ini, Anda bisa menggunakan tool gratis seperti Google Analytics dan tool berbayar seperti Socialbakers.

Setelah melakukan pelacakan kampanye, selanjutnya Anda melaporkan hasilnya. Pelaporan ini sangat penting dilakukan, baik itu report untuk supervisor Anda ataupun untuk diri Anda sendiri. Dibutuhkan waktu untuk membuat laporan ini karena harus dilakukan secara teliti, jangan sampai ada kesalahan. Laporan ini bisa dibuat mingguan, bulanan, triwulanan atau mungkin tahunan.

Nah, itulah tiga langkah menyelaraskan pemasaran di sosial media untuk tujuan bisnis Anda. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait