9/17/2016

7 Tips Mengatasi Kementar Negatif Di Sosial Media

7 Tips Mengatasi Kementar Negatif Di Sosial Media
source haikudeck.com
INVHO.com - Anda mungkin senang jika sosial media selalu dipenuhi dengan komentar positif. Tapi tahukah Anda? bahwa sebenarnya Anda bisa saja mendapatkan komentar negatif di sosial media dari waktu ke waktu. Jika Anda pelaku bisnis, Anda tentu merasa panik dan menganggap bahwa komentar negatif tersebut sangat buruk untuk kemajuan bisnis Anda, sehinga terbesik dibenak ingin menjauhi sosial media sebagai alternatif dalam penjualan.

Dalam hal ini, sebaiknya jangan hindari komentar negatif di sosial media jika Anda sedang merintis bisnis. Sosial media adalah salah satu wadah untuk memajukan bisnis Anda. Apapun bentuk komentar negatif di sosial media yang Anda terima seputar bisnis, sebaiknya tetap ditanggapi secara bijak. Jadikan komentar negatif tersebut sebagai kekuatan untuk mereview apa kekurangan dari bisnis yang Anda rintis.


Nah, karena Anda menggunakan sosial media sebagai salah satu penunjang bisnis Anda, berikut 7 tips mengatasi komentar negatif di sosial media. Tips tersebut cukup sederhana untuk mengendalikan situasi secara efektif dan mampu mengubah persepsi pelanggan yang tadinya tidak puas menjadi pelanggan yang puas dan  paham atas keluhan negatif produk Anda.


1. Dengarkan
Anda tidak bisa menanggapi komentar negatif di sosial media jika Anda tidak mendengar keluhan pelanggan. Untuk itu, saring semua komentar negatif atas produk Anda, dengarkan semua keluhan tersebut. Lihat seperti apa keluhan pelanggan, kemudian compare dengan produk yang Anda jual. Apakah benar komentar negatif tersebut sesuai dengan kekurangan produk Anda.

2. Menaggapi Keluhan
Upayakan untuk menanggapi semua komentar negatif atas produk Anda, tanyakan masalahnya secara detail. Setelah itu berikan solusi dari keluhan mereka. Seperti, memohon maaf atas ketidaknyamanan dari produk yang sudah dibeli.

3. Baca Dua Kali 
Sebelum menanggapi komentar negatif, pastikan Anda membaca komentar-komentar tersebut dua kali atau lebih sampai Anda benar-benar paham. Jangan sampai komentar tersebut disalahartikan. Jika sudah yakin atas keluhan tersebut, lakukan tanggapan yang harus sopan, penuh perhatian dan tentu secara profesional. 

4. Waktu Tanggap Efisien 
Meskipun butuh waktu yang tepat untuk memberi respon atas komentar negatif di sosial media, namun sangat dibutuhkan waktu respon yang efisien. Jika setiap keluhan pelanggan Anda respon dengan cepat, maka saya yakin konsumen akan sedikit merasa legah atas keluhannya.

5. Lakukan Secara Terbuka
Anda bisa mencoba untuk melakukan respon yang bersifat pribadi atau lebih kompleks, jangan takut untuk melakukan secara terbuka. Cobalah meminta pelanggan untuk mengirim email atau pesan pribadi atas keluhannya. Hal ini, Anda tentu harus memberi informasi kontak Anda kepada mereka. 

6. Memperbaiki Kesalahan
Jika Anda memang merasa bersalah, pastikan Anda benar-benar mencoba untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Jangan pernah membuat alasan untuk tidak bisa menyelesaikan setiap keluhan para pelanggan. Perlu diketahui, bahwa mungkin saja kesalahan bukan dari Anda tapi mungkin bersumber pihak pemasok atau pada saat pengiriman. Tapi ingat, pelanggan tidak mau tahu akan hal itu, jadi pastikan Anda memberi solusi atas kesalahan tersebut.  

7. Lakukan Perubahan
Meskipun Anda melihat komentar negatif di sosial media sebagai sebuah kegagalan, namun hal tersebut merupakan umpan balik yang cukup membantu dalam meningkatkan bisnis Anda. Membuat catatan dari komentar negatif yang Anda terima kemudain pelan-pelan melakukan perubahan atas kekurangan tersebut.

Nah, itu dia 7 tips mengatasi komentar negatif di sosial media, ke 7 tips tersebut bisa Anda terapkan ataupun tidak. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait