9/20/2016

Bogor Kota Kedua Termacet Di Dunia Versi Waze

Aplikasi Waze

INVHO.com - Kota Bogor yang terlihat begitu hijau dan teduh karena ditumbuhi banyak pohon besar di tengah kota ternyata tidak membuat warganya nyaman. Baru-baru ini kota hujan tersebut kembali mendapat rapor merah dari waze dalam hal penataan transportasi. Kini, Bogor termasuk kota kedua termacet di dunia.

Aplikasi lalu lintas waze merilis sebuah survey dan menyatakan bahwa Bogor masuk kedalam daftar lima kota dengan pengalaman berkendara terburuk di dunia. Bogor berada di urutan kedua termacet di dunia dengan jumlah poin 2,15.

Urutan hasil survey waze:

  1. Kota Cebu, Filipina  :  Jumlah Poin 1,15
  2. Kota Bogor, Indonesia  :  Jumlah Poin 2,25
  3. Kota San Salvador, Salvador  :  Jumlah Poin 2,85
  4. Denpasar Bali, Indonesia  :  Jumlah Poin 2,89
  5. Kota Bandung, Indonesia  :  Jumlah Poin 3,00

Dari urutan dan jumlah poin diatas, Indonesia memiliki tiga kota paling macet di dunia yakni Bogor, Bali dan Bandung. Selama ini hanya kota Jakarta yang disorot sebagai kota yang macet namun kali ini Jakarta tidak masuk kedalam lima daftar tersebut, kira-kira Jakarta urutan keberapa ya?

Aplikasi waze digunakan sebagai alat survey dari jutaan pengguna aktif di 235 kota didunia dan 38 negara. Pengguna survey waze memberi nilai skor mulai dari 1 (ketidakpuasan) sampai dengan poin 10 (kepuasan).

Berikut 6 indikator untuk menguji indeks kepuasan pengemudi sebagai penilaian:

  1. Tingkat frekuensi kemacetan lalu lintas
  2. Kualitas infrastruktur jalan
  3. Keselamatan pengemudi : kecelakaan, jalan rawan kemacetan, dan cuaca
  4. Pelayanan pengemudi : akses mudah ke spbu dan parkir, sosial ekonomi
  5. Tingkat pertolongan
  6. Kebahagiaan komunitas waze
Bogor Kota Kedua Termacet Di Dunia Versi Waze
Jalur Puncak Bogor Macet
Survey waze kali ini tidak jauh berbeda dengan survey yang pernah dirilis oleh Kementerian Perhubungan tahun 2014 lalu. Kemenhub menempatkan Bogor sebagai kota termacet di Indonesia. Bogor bertengger di urutan pertama dari 10 kota di Indonesia yang memiliki tingkat kepadatan lalu lintas.

Meskipun Bogor sebagai kota termacet di Indonesia dan kota kedua termacet di dunia, namun itu tak menyurutkan niat orang-orang Ibu kota melancong ke kota hujan tersebut. Warga Jakarta butuh suasana yang asri dan teduh serta udara segar.

Bisa diliat ketika libur panjang tiba, betapa macetnya kota bogor untuk menuju puncak, tapi apakah mereka menyesal? Ternyata tidak, terbukti setiap ada moment libur, Bogor selalu saja ramai pengunjung.

Artikel Terkait