9/20/2016

Cara Membuat Watermark (Cap Air) Dengan Photoshop

Cara Membuat Watermark (Cap Air) Dengan Photoshop

INVHO.com - Sebelum membuat watermark (cap air) dengan Photoshop, sebaiknya memahami dulu apa sebenarnya watermark itu. Menurut Mary Lynn Ritzenthaler, watermark merupakan simbol atau gambar yang terdapat pada sebuah kertas yang dapat terlihat jika kertas tersebut diterawang ke arah cahaya.

Pengertian lain mengenai watermarks merupakan tanda atau lambang pabrik pembuat kertas yang memakai daftar cap, sehingga dapat diketahui pada tahun berapa kertas tersebut dibuat. Dengan kata lain watermarks (cap air) yaitu lambang pabrik pembuat kertas yang menunjukkan tahun pembuatan kertas.

Namun seiring berkembangan zaman, watermark kini sering dijumpai dibeberapa gambar dalam sebuah situs atau blog. Watermark (cap air) tersebut dibuat dengan tujuan, bahwa benar gambar tersebut adalah hasil karyanya. Dengan adanya watermark (cap air), maka gambar tersebut tidak bisa gunakan secara komersil.

Watermark (anda air) memiliki bentuk bermacam-macam, ada yang seperti tulisan, tanda tangan, gambar, logo atau kode rahasia. Lalu bagaimana cara membuat watermark (cap air) dengan photoshop? Berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan buka photoshop di komputer atau laptop Anda.
2. Setelah terbuka, silahkan pilih menu File kemudin Open (Ctrl+O), silahkan pilih gambar yang akan dibubuhi watermark (cap air).
3. Kemudian silahkan pilih lagi menu File kemudian Open (Ctrl+O), silahkan pilih logo yang akan dijadikan sebagai watermark. Pastikan Anda sudah punya logo yah.
4. Kemudian, dibagian gambar logo silahkan Anda tekan menu Rectagular Marquee Tool (M) dan mulai click (block) logo tersebut kemudia tarik sampai kesemua sisi logo, kemudian Anda copy (Ctrl+C).
5. Setelah di copy, silahkan pindah ke tab gambar yang akan dibubuhi watermark, kemudian paste (Ctrl+V). Kurang lebih seperti gambar berikut:


Cara Membuat Watermark (Cap Air) Dengan Photoshop

6. Pilih menu Move Tool (V) untuk memindahkan posisi logo watermark. Silahkan geser dibagian sisi mana watermark Anda akan letakkan.
7. Agar watermark (cap air) menjadi transparan, silahkan ubah blending layers. Untuk watermark (cap air) dengan background hitam, gunakan mode blending Screen. Sementara untuk background putih, gunakan mode blending Multiply. Lihat gambar berikut:

Cara Membuat Watermark (Cap Air) Dengan Photoshop

Nah, cukup mudah bukan membuat watermark (cap air) dengan photoshop, jika ada yang tidak Anda pahami dalam penjelasan diatas, silahkan berkomentar dan jika artikel ini bermanfaat silahkan di bagikan dengan menekan tombol share dibawah. 

Artikel Terkait