9/03/2016

Ciri-ciri Lowongan Kerja Yang Tidak Aman


Ciri-ciri-Lowongan-Kerja-Yang-Tidak-Aman

INVHO.com - Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang harus Anda perhatikan dalam mengidentifikasi lowongan kerja yang tidak aman:

1#    Perekrutan Berbayar
Jika Anda menemukan sebuah lowongan kerja dan mengharuskan Anda untuk membayar biaya dengan alasan apapun selama proses rekrutmen, maka sebaiknya untuk tidak melanjutkan proses rekruitment tersebut, karena itu termasuk dalam ciri-ciri pekerjaan yang tidak aman.

2#    Meminta Data Pribadi tanpa Undangan Wawancara
Beberapa modus penipuan dalam proses rekruitment adalah dengan meminta detil data pribadi Anda seperti akun bank, nomor KTP dan alamat rumah tanpa adanya undangan wawancara. Jika menemukan hal semacam itu, sebaiknya urungkan niat Anda untuk memberi data pribadi.

3#    Diterima Tanpa Proses Wawancara
Terdengan aneh, namun jangan sampai lengah jika ada penawaran kerja tanpa adanya lamaran dari Anda dan atau tanpa proses wawancara. Sebaiknya pastikan Anda benar-benar melakukan proses interview terhadap kantor atau perusahaan tersebut.

4#    Deskripsi Pekerjaan yang Tidak Jelas
Undangan wawancara yang tidak memberikan penjelasan mengenai posisi yang ditawarkan atau tawaran pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan deskripsi yang ditawarkan selama proses rekrutmen. Selain itu, penawaran kerja tidak berhubungan dengan keahlian Anda, hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri lowongan kerja yang tidak aman dan patut dicurigai.

5#    Gaji yang Terlalu Tinggi dan Tidak Wajar
Posisi dalam bidang kerja pasti akan selaras dengan gaji yang diberikan, jika Anda mendapat penawaran kerja yang terlalu baik dan menawarkan gaji tinggi yang tidak wajar maka bisa saja itu termasuk ciri-ciri lowongan kerja yang tidak aman.

6#    Alamat Email dan Website Mencurigakan
  • Tidak adanya situs resmi atau media sosial perusahaan yang menjelaskan profil dan kegiatan perusahaan tersebut
  • Alamat email perusahaan yang gratis dan tidak sesuai dengan alamat email yang ada di situs resmi perusahaan tersebut
  • Korespondensi email yang tidak profesional dan tidak mencantumkan detil kontak perusahaan seperti nomor telepon dan alamat kantor.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri lowongan kerja yang tidak aman, pastikan Anda melamar di kantor atau perusahaan yang tidak termasuk dalam ciri-ciri di atas. Semoga artikel ini bermanfaat, sukses terus dalam karir.

Artikel Terkait