9/02/2016

Lapis Legit Masuk Daftar 14 Kue Tradisional Terlezat Di Dunia


INVHO.com - Setelah rendang dan sate, giliran lapis legit masuk dalam daftar 14 kue tradisional terlezat di Dunia. Lapis legit memiliki rasa butter yang melimpah dan rasa manis yang pas di lidah. Dengan paduan warna kuning dan cokelat yang melekat padat disetiap irisannya, jadikan lapis legit di nobatkan oleh CNN sebagai salah satu kue terlezat didunia, bersanding dengan 13 kue khas Negara lain.

Lapis legit terdiri dari 18 (delapan belas) lapis kue yang dipadatkan menjadi 1 (satu) dan dikombinasikan dengan kayu manis, cengkeh, serta rempah-rempah sehingga menjadikannya kaya rasa. Kue ini juga diperkenalkan kepada masyarakan Indonesia dengan nama Spekkoek (kue seribu lapis) sejak zaman kolonial Belanda. Namun seiring bekembangnya kuliner dari waktu kewaktu kue lapis legit memiliki variasi rasa dan harga  yang berbeda-beda.

Salah satu toko yang menjual kue lapis legit terletak di Jalan Haji Nawi Jakarta Selatan, Toko tersebut berdiri sejak tahun 1975. Harga lapis legit di toko tersebut beragam, mulai dari Rp.340.000,- sampai dengan Rp.820.000,- per loyang.

Saat hari raya 200 loyang buatan toko tersebut bisa habis terjual, selain di toko kue di Jl. Haji Nawi Jakarta Selatan, lapis legit juga dapat ditemukan di pasar subuh yang terletak di Blok M Square Jakarta Selatan. Harganya mulai dari Rp 50.000,- sampai Rp 200.000,-. Typenya pun bervarian, salah satu penjual lapis legit mengatakan "Kue lapis legit yang saya jual disini bervarian, ada type spesial dan super, untuk type spesial dan super saya pakai Roombutter".

Dibutuhkan proses pembuatan hingga 2 jam untuk mengaduk dan memanaskan adonan lapis legit sampai mencampurnya dengan buah atau toping lainnya.

Artikel Terkait