9/11/2016

Setelah Instagram, Kini Giliran WhatsApp Meniru Snapchat

Sekarang Giliran Whatsapp Meniru Snapchat

INVHO.com - Bulan kemarin, Instagram sempat memicu kontroversi dengan fitur baru yang dirilisnya, yaitu Instagram Stories. Fitur Instagram tersebut sangat mirip dengan fitur Snapchat Stories (Instagram meniru Snapchat). Fitur Snapchat Stories sendiri sudah dirilis sejak tahun 2013.

Tiruan itu pun diakui oleh CEO Instagram, sejak diluncurkannya fitur Instagram Stories, lebih dari 100 juta orang pengguna Instagram telah menggunakan fitur tersebut setiap hari. Meskipun pengguna Instagram mengetahui bahwa fitur tersebut adalah  hasil tiruan dari Snapchat tapi mereka tidak mau tahu dengan rincian tersebut.

Mengingat keberhasilan Instagram meniru Snapchat, kini girilan WhatsApp meniru Snapchat. Pihak WhatsApp mungkin bermaksud untuk membatasi penggunaan Snapchat untuk menggunakan fitur mengambar (drawing) sehingga ia menirunya. Aplikasi messaging WhatsApp yang merupakan anak perusahaan Facebook sejak Oktober 2014, kini siap menyerang si hantu kuning. Bisa dibayangkan, lebih dari satu miliar pengguna aktif WhatsApp yang akan menggunakan fitur drawing.

Dilansir dari Android Police, WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yang masih dalam versi beta, dimana pengguna WhatsApp memungkinkan untuk menggambar, menambahkan teks dan stiker. Ini sangat benar bahwa WhatsApp meniru Snapchat.

WhatsApp meniru Snapchat
WhatsApp Kiri - Snapchat Kanan
Gambar diatas sepintas memiliki layout yang sama kan? Dilansir dari The Next Web, bahwa fungsi baru tersebut persis sama dengan Snapchat, hampir tidak ada perbedaan. Untuk memperkuat argumen soal kesamaan tersebut, Anda bisa lihat dari segi emoji, WhatsApp menggunakan karakter emoji yang sama pula dengan Snapchat. Benar diluar akal bukan?


Terlebih, WhatsApp juga memperkenalkan flash yang menghadap ke depan (layar akan menyala berwarna putih saat mengambil selfie, berperan sebagai flash untuk menerangi wajah di tempat yang gelap). Selain itu, ada juga fitur zoom yang mana kesemua fitur tersebut sudah dimiliki oleh Snapchat dan Instagram.

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan fitur stories itu di Snapchat, saya yakin Anda akan lebih mudah menggunakan fitur baru tersebut di WhatsApp. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

1 comments so far