10/05/2016

Daftar Penyedia Template Blog Gratis Premium Berkualitas

INVHO.com - Bosan dengan template standar atau tidak ada waktu untuk memoles template agar terlihat lebih bangus dan responsive. Sekarang banyak penyedia template blog gratis premium berkulitas, tinggal memilih sesuai dengan selera.

Sebelum menggunakan atau membeli template yang sesuai, pastikan terlebihdahulu memperhatikan hal-hal berikut:

Daftar Penyedia Template Blog Gratis Premium Berkualitas

A. Template Responsive
Sekarang ada zaman menggunakan template responsive, responsive adalah template yang tampilannya bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kita gunakan. Contoh, ketika blog di buka di ponsel atau gadget, maka ukuran template tersebut secara otomatis menyesuaikan ukurannya dengan perangkat. Jadi, tidak perlu lagi melakukan zoom untuk membaca artikel atau melihat gambar.

Manfaat template responsive sangat besar, karena google akan mengacu kepada MobileGeddon, yaitu blog yang mobily friendly atau ramah dengan pengguna mobile. Selain itu, template responsive mengikuti trend yaitu pengguna mobile untuk browsing lebih meningkat.

B. Clean & User Friendly
Template yang sederhana, minimalis dan clean sangat di sukai google, selain nyaman dan enak di pandang, akan terlihat rapi dan tidak acak acakan, pengunjung pun akan merasa lebih memahami isi dari blog anda dari halaman per halaman.

C. Fast Loading
Template yang loadingnya lama membuat blog kehilangan pengunjung, kecepatan loading blog yang lambat akan memperburuk masa depan blog. Template blog yang lamban juga buruk di mata SEO, jadi pilihlah template yang loadingnya cepat.

Daftar Penyedia Template Blog Gratis Premium Berkualitas

Setelah mengetahui poin penting dalam pemilihan template, berikut saya berikan daftar penyedia template blog gratis premium berkuliatas. Silahkan dicari template yang sesuai dengan selera Anda.

1. Themeforest
Themeforest adalah salah satu marketplace yang menjual berbagai macam premium WordPress themes dan templates.

2. eBlog Templates
eBlog Templates.com adalah penyedia koleksi desain web yang bisa di download secara gratis.
Website eBlog Template didiriakan oleh David sejak tahun 2007.

3. Sora Template
Sora template adalah satu penyedia template yang bisa di download secara gratis dan berbayar. Untuk menikmati templatenya secara gratis, syaratnya tidak boleh menghapus credit link template di footer.

4. Our Blog Templates
Our Blog Templates adalah penyedia template blog gratis, bisa menggunakan secara gratis. Template yang di download bisa dimodifikasi, namun hanya memperbolehkan memodif pada bagian Font dan Warna panel saja.

5. Blogcrowds
Selain penyedia template blog gratis, blogcrowds juga sebagai website terbaik dalam hal parse html. Blogcrowds lebih sering digunakan oleh kalangan blogger dalam memparse kode iklan adsense. Tujuan parse kode iklan adalah agar tidak terjadi error saat di simpan dalam body template.

6. Templateism
Templateism adalah penyedia templates blogger yang sepetinya wajib untuk dikunjungi. Koleksi template-nya dibilang cukup berkualitas dan jarang ditemui website penyedia template lain.

7. SEOBloggerTemplates
SEOBloggerTemplates adalah penyedia template blog yang terinspirasi dari theme WordPress, desain template disesuaikan sedemikian rupa untuk Blogger. Hampir semua koleksi template di SEOBloggerTemplates bersifat responsif sehingga cukup kuat keren untuk menggunakan koleksi templatenya.

8. Gooyaabi Templates
Gooyaabi Templates termasuk website yang cukup baru, sekitar satu tahun 2005 baru hadir di jagad desain template. Meski terbilang baru dan koleksi templatenya masih terbilang sedikit, tapi kualitas sangat luar biasa, sudah high-class. Desainnya tampak simplicity, namun hasilnya benar-benar clean, smooth, dan sangat modern mengikuti trend flat design saat ini.

9. MasTemplate
MasTemplate adalah website penyedia template keren dan luar biasa besutan Mas Kolis. Ini adalah template lokal namun mampu bersaing di dunia internasional. Saya pernah jatuh cinta dengan seri template Johny-nya.

10. ThemeExpose
ThemeExpose adalah penyedia template yang koleksinya sebagian terinspirasi dari layout beberapa website terkenal, misalnya Dribble dan Tumblr. Beberapa lainnya diinspirasi oleh them WordPress premium populer.

Uji Kelayakan dan Kepatutan Demo Template

Nah, diatas adalah 10 daftar penyedia template blog gratis premium berkulitas, namun sebelum benar-benar membeli dan mendownload template sebaiknya lakukan dulu fit and property test (uji kelayakan dan kepatutan) terhadap demo templatenya, berikut  di 5 Tools yang bisa Anda gunakan:

1. Webmaster Structured Data Testing Tools
Webmaster Structured Data Testing Tools adalah untuk menguji struktur data template, tujuan menguji adalah agar mudah dan cepat di indeks Robot Google dan mesin pencari lainnya. Jika ada error pada struktur kode dan penyedia template tidak melakukan update atau perbaikan. Sebaiknya urunkan niat untuk menggunkan template tersebut.

2. Am I Responsive Design
Am I Responsive Design digunakan untuk menguji atau mengetahui apakah template yang akan digunakan itu mobile friendly atau tidak. Template mobile friendly sangat penting digunakan karena ini termasuk dari rekomendasi Google.

3. GT Metrix
GT Metrix digunakan untuk melihat kecepatan loading. Standar minimal memiliki skor B (80%). Nilai A (90%) tentu bagus sudah sangat bagus. Jika template blog yang diuji memiliki skor kecapatan di bawah 80% (C), maka sebaiknya abaikan saja karena percuma. Google mengatakan, blog yang loadingnya di atas 4 detik akan ditinggalkan pengunjung.

4. Chkme
Chkme digunakan untuk menguji ke-SEO-an template. Skor 80% menjadi standarnya. Di sini juga akan ditampilkan elemen mana saja yang harus diperbaiki. Jika skor seonya di bawah 80, silakan perbaiki sesuai dengan saran Chkme. Jika tidak bisa memperbaikinya, abaikan saja template itu.

5. Facebook Debugger
Copy & Paste salah satu posting di sana. Lihat apakah Facebook Open Graph-nya sudah baik. Saat di-share mestinya muncul gambar, judul, dan kutipan alinea pertama (deskripsi posting).

Hanya itu yang saya bisa bagikan dalam hal daftar penyedia template blog gratis premium berkualitas beserta hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Semoga bermanfaat dan tidak salah dalam memilih template.

Artikel Terkait