11/09/2016

Tips Merawat dan Mencuci Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

Tips Merawat dan Mencuci Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

INVHO.com - Mungkin hampir semua oramg memiliki jeans. Jadi, tidak heran jika jeans adalah termasuk jenis pakaian yang paling banyak digandrungi orang dari berbagai kalangan dan usia. Jeans merupakan pakaian dari produk olahan kain denim yang bisa dipadu-padankan dengan berbagai jenis busana lainnya.

Jeans termasuk busana casual yang sangat populer sejak dulu hingga saat ini dan bisa digunakan sehari-hari oleh orang dewasa, anak muda, bahkan sampai anak-anak. Itulah sebabnya mengapa jeans tak pernah ditinggalkan penggemarnya, meskipun berbagai banyak jenis fashion busana terbaru dari tahun ke tahun selalu bermunculan.


Tips Merawat Jeans

Tidak seperti pakaian lain, jeans tidak perlu terlalu sering dicuci. Bagaimana pun, warna indigo pada jeans cenderung pudar jika terlalu sering dicuci. Jarang dicuci tidak berarti jeans tampil kumal. Berikut beberapa tips merawat jeans agar warnanya tidak cepat pudar:
  1. Agar jeans tetap beraroma segar dan bakteri penyebab bau apek tidak berkembang biak, gantung jeans di hanger untuk mengangin-anginkannya sesudah dipakai, hindari menumpuk jeans di lantai seusai dikenakan. Menggantungnya di gantungan pakaian di belakang pintu juga tidak dianjurkan.
  2. Jika terkena noda, atasi segera. Tidak perlu mencuci jeans keseluruhan saat terkena noda kecil, cukup tangani bagian yang ternoda. beri sedikit deterjen, lalu gosok perlahan menggunakan sikat cucian yang lembut. Biarkan beberapa saat kemudian bilas. Setelah noda hilang, jemur jeans dalam posisi bagian luar berada di dalam di tempat yang agak teduh.
  3. Gantung jeans untuk menyimpannya. Jika Anda memiliki ruang yang cukup, sebaiknya jeans digantung pada hanger di bagian ban pinggang atau kaitan sabuk. Melipat jeans bisa menimbulkan pemudaran warna pada bagian lipatan.
  4. Setelah jeans dicuci, keringkan dengan benar yakni dengan cara dijemur dalam kondisi terbalik (bagian dalam jeans ada di luar). Jemur jeans di tempat yang terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung agar warna jeans tetap awet dan tidak mudah pudar.
  5. Sebaiknya, jeans tidak dikeringkan dengan mesin cuci. Keringkan saja dengan cara dijemur seperti yang disebutkan di atas.
  6. Setrika dengan suhu tidak terlalu panas, hindari menyetrika jeans dengan suhu yang terlalu panas. Saat menyeterika jeans, usahakan dalam kondisi dibalik, yaitu bagian luar jeans ada di dalam dan bagian dalam jeans yang terkena panas langsung dari setrika.
  7. Jangan terlalu sering melakukan dry cleaning karena bahan kimia yang digunakan dalam proses dry cleaning cukup keras dan bisa membuat warna jeans cepat pudar.


Tips Mencuci Jeans

Meski bahannya terlihat tangguh, jeans perlu perawatan yang tepat agar tidak menjadi belel, yaitu warnanya cepat pudar, serat kainnya merenggang, dan kainnya menipis sehingga jeans mudah robek. Berikut langkah-langkah mencuci jeans agar warnanya tidak cepat pudar:
  • Balik jeans, kaitkan kancing, dan tutup resletingnya sebelum memasukkannya ke mesin cuci. Cara ini berguna untuk melindungi warnanya dan supaya pengaitnya tidak menyangkut dengan cucian lain.
  • Jika jeans sangat kotor karena lumpur atau tumpahan makanan, bilas dengan air biasa terlebih dulu sebelum menambahkan deterjen.
  • Gunakan deterjen yang lembut dan mengandung pencerah warna, hal itu merupakan pilihan ideal untuk membantu mempertahankan warna tidak cepat pudar.
  • Hindari memasukkan terlalu banyak cucian ke mesin cuci. Idealnya, cucian harus bisa bersirkulasi di dalam tabung mesin cuci secara leluasa selama proses pencucian tanpa harus membelit satu sama lain di akhir siklus cuci.
  • Pilih siklus cuci yang tepat sesuai bahan jeans menurut petunjuk perawatan pada labelnya. Secara umum, siklus cuci dengan air bersuhu normal (30 Celcius) aman dipakai.
  • Keringkan jeans di mesin pengering cucian sebentar sebelum dijemur di luar.  Jika ingin hasil akhir jeans lebih lemas, jangan keringkan jeans di mesin pengering hingga benar-benar kering karena jeans malah berisiko menyusut. Jika ingin jeans sedikit kaku, keringkan langsung di udara terbuka usai siklus cuci.

Itu dia Tips Merawat dan Mencuci Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa dishare yah agar jeans yang sudah dibeli oleh teman maupun kerabat Anda tetap awet.

Artikel Terkait