2/23/2018

Cara Dapat SSL Gratis Dari Cloudflare Untuk Blog

SSL Gratis Dari Cloudflare

INVHO.com - Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mendapatkan SSL gratis dari Cloudflare untuk blog. Namun sebelum itu, berikut sedikit penjelasan yang setidaknya harus Anda pahami sebelum melanjutkan atau menerapkan tutor ini di blog Anda.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Cloudflare berada di antara nama domain dan web hosting yang memiliki kemampuan untuk mem-filter trafik dan mempercapat akses website. Cloudflare menyediakan keamanan tambahan dari serangan DDoS.

Apa itu SSL?

SSL adalah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua transaksi aman pada internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi sebuah saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Paypal, Internet Banking, dan lain-lain.

Manfaat SSL

Berikut beberapa manfaat SSL yang wajib Anda ketahui:
  • Sertifikat SSL dapat meningkatkan peringkat website kalian di Google. Google secara resmi mengumumkan pada 6 Agutus 2014 bahwa enskripsi HTTPS -hanya tersedia dengan sertifikat SSL. 
  • SSL menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui internet dengan cara dienkripsi. Sehingga hanya penerima pesan yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut.
  • Sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi. Dengan SSL, dapat dipastikan informasi anda terkirim ke server tujuan dan bukannya ke mesin lain yang tidak memiliki hak atas informasi tersebut.
  • Melindungi pencurian data dalam bentuk pemalsuan (phising). Biasanya akan dikirm melalui sebuah email. Tujuannya mungkin mencoba untuk meniru tampilan website anda.

Cara Dapat SSL Gratis Dari Cloudflare

Untuk mendaptkan SSL gratis dari Cloudfalre, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Silahkan masuk ke situs Cloudflare di sini
2. Silahkan mendaftar dengan cara tekan tombol Sign Up lalu masukkan alamat Email dan Password, akhiri dengan tekan tombol Create Account.
3. Berikutnya masukkan URL situs Anda
4. Pada perintah "We're querying your DNS records". Silahkan klik Next.
5. Berikutnya pada bagian Select a Plan, silahkan Anda pilih Free, Akhiri dengan tekan tombol Confirm Plan.
6. Perintah "DNS query results for". Klik Continue.

SSL Gratis Dari Cloudflare

7. Sekarang Anda harus mengganti nama server di panel domain Anda. Silahkan Anda login ke dashboard penyedia domain Anda dan ganti nama servernya dengan nama server yang diberikan dari Cloudflare.

SSL Gratis Dari Cloudflare

8. Setelah propagasi DNS selesai, silahkan masuk ke tampilan utama Cloudflare, disana Anda menu Crypto.
9. Sebelah kanan di menu Crypto silahakan pilih type SSL Anda ke Full.
10. Terakhir tinggal menunggu approved dari Cloudflare, maksimal 24 jam. Namun berdasarkan pengalaman, waktu Cloudflare mengaktifkan SSL hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. 

Sekarang Anda sudah mendaptkan SSL gratis dari Cloudflare. Semoga bermanfaat.