Cara Mendaftarkan Situs atau Blog ke DMCA

INVHO.com - Cara Mendaftarkan Situs atau Blog ke DMCA, Salah satu alasan situs atau blog bertahan adalah karena di dukung oleh konten berkualitas, lalu seperti apa konten yang berkualitas itu? Tentunya sahabat blogger sudah paham bahwa konten berkualitas adalah konten yang original, konten yang kaya akan informasi dan belum pernah di sajikan di situs atau blog manapun.

Jikalaupun pernah disajikan dengan topik yang sama di situs/blog lain tapi setidaknya Anda harus kemas lagi topik tersebut dengan wajah yang berbeda, dengan bahasa yang mudah dimengerti dan pahami.

DMCA Protect
source jhetchem.com

Namun hal tersebut tidak begitu mudah untuk dilakukan, butuh usaha dan kerja keras untuk membuat sebuah konten yang kaya akan informasi, oleh sebab itu banyak diantara kita para blogger yang secara tidak sengaja menemukan hasil kreasinya di copy oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Secara sengaja mempublish artikel hasil curian mereka di situs atau blog nya tanpa menyertakan sumbernya. Dengan begitu Anda mungkin merasa dirugikan, betapa tidak karena untuk membuat konten tersebut butuh waktu yang lama, butuh sebuah pemikiran dan butuh review.

DMCA
DMCA

Untuk itu, kita perlu proteksi semua hasil kreatifitas yang telah kita sajikan di situs atau blog karena hanya kontenlah satu-satunya sumber kekayaan situs atau blog yang kita miliki. Salah satu situs yang bisa memproteksi atau memberikan klaim hak cipta konten yang dicuri (copy paste) orang lain adalah dengan menggunakan DMCA (Digital Millennium Copyright Act), kita harus mendaftarkan situs atau blog ke DMCA.

Manfaat mendaftarkan situs atau blog ke DMCA adalah untuk mendapatkan klaim hak cipta, nantinya jika kita menemukan ada konten yang dicuri (copy paste) maka dengan mudah kita ke melaporkannya DMCA.

Cara Mendaftarkan Situs/Blog Ke DMCA

1.    Silahkan kunjungi situs DMCA disini
2.    Isi form Register your Protection Badge. setelah di isi silahkan klik Submit. Lihat gambar

Register your Protection Badge

3.    Setelah klik submit, buka email address yang Anda registrasikan, di sana DMCA mengirimkan username atau email address, password dan URL untuk login. Lihat gambar

Email Badge

4.    Segera isi form login dengan username atau email address dan password yang kirimkan DMCA melalui email, tekan Login. Lihat gambar

Login DMCA

5.    Selanjutkan klik Add Badge to your site , dibagian bawah akan terlihat jika Anda belum mendaftarkan situs atau blog untuk di proteksi, Lihat gambar

Add Badge

6.    Berikutnya, silahkan Anda pilih Badge sesuai selera. Silahkan copy dan paste script kode tersebut ke situs atau blog Anda. Lihat gambar

Select a Badge

7.    Terakhir, silahkan paste script tersebut di HTML situs atau blog Anda seperti widget.

Selesai tahap cara mendaftarkan situs atau blog ke DMCA, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan biarkan konten Anda dicuri (copy paste) oleh orang yang tidak bertanggung jawab, klaim hak cipta Anda ke DMCA.

Post a Comment for "Cara Mendaftarkan Situs atau Blog ke DMCA"