7/20/2016

3 Sosial Media Bisa Mendongkrak Kemajuan Bisnis Online

INVHO.com - Brand akan meningkat sangat signifikan jika menggunakan sosial media dalam bisnis online. Bisnis online telah melirik media sosial sebagai media promosi dari sejak lama. Sosial media selaku alat marketing telah mendukung para pebisnis online dengan fitur khusus yang dikembangkannya seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Sosial Media Bisa Mendongkrak Kemajuan Bisnis Online
source image www.millionaireweb.it
Selain difungsikan sebagai alat marketing, sosial media juga dijadikan sebagai cyber office oleh para pelaku bisnis online dalam bentuk komunikasi dengan para pelanggannya. Dengan begitu pebisnis dan pelanggan akan lebih efisien terhadap waktu ataupun biaya karena prosesnya akan lebih simple.

Sangat banyak sosial media saat ini bermunculan tapi perlu diketahui bahwa tidak semua sosial media dapat dijadikan sebagai media pendukung yang bisa mendongkrak kemajuan bisnis online Anda. Berikut 3 sosial media yang sangat cocok buat pebisnis online untuk berpromosi: 

Facebook

Facebook for Business
source www.keyword-suggestions.com
Facebook adalah sosial media dengan jumlah pengguna sebanyak 1,5 milliar, dengan begitu tentu dapat dijadikan alat promosi utama dalam mengembangkan bisnis online Anda. Facebook sendiri telah menyediakan fitur khusus untuk pelaku bisnis online, seperti Pages (halaman), Facebook Ads dan Group.

Dengan menggunakan fitur tersebut maka kepopuleran bisnis online ataupun brand yang Anda miliki akan dengan cepat maju dan berkembang. Fitur Facebook yang paling menjanjikan adalah halaman atau pages. Buatlah terlebih dahulu Halaman atau pages untuk bisnis Anda, setelah itu segera lakukan promosi dengan menggunakan fitur Facebook Ads. Berikan dengan fitur Facebook Ads relatif murah serta dapat dipilih pelanggan yang Anda targetkan.

Baca juga : Cara Terbaru Membuat Halaman atau Fanspage di Facebook

Instagram

Instagram for Business
source fstoppers.com
Instagram adalah sosial media berbagi foto dan video. Fitur Instagram tersebut sangat tepat dijadikan sebagai media pendukung bisnis online atau brand Anda. Instagram sangat cocok untuk pebisnis online yang bergerak dibidang penyedia barang. Untuk mendongkrak kemajuan bisnis online Anda, berikut tips yang bisa Anda coba dengan Instagram:
  • Buatlah terlebih dulu logo untuk dijadikan profile picture Instagram Anda. Buatlah semenarik mungkin, dengan begitu secara tidak langsung dapat membantu brand image produk Anda terbantu.
  • Promosikan akun Instagram Anda ke teman dekat, mendapatkan followers dari teman dekat akan lebih cepat dibanding dari akun Instagram lain kecuali Anda followback.
  • Pastikan follower Anda sudah lumayan banyak sebelum mempromosikan kepada pengguna luas Instagram.
  • Promosikan Instagram Anda dengan fitur promosi Instagram. Dengan begitu bisnis online Anda akan lebih cepat memperoleh follower.
Sebagai pertimbangan, kekuatan Istagram sebagai media promosi hanya berada pada follower. Instagram tidak mempunyai fitur regram secara default, jadi pastikan target promosi Anda ke akun yang memang sering melakukan mention kepada Anda. Setiap postingan foto atau video, jangan lupa selipkan kata atau kalimat pendukung, berupa detail produk, harga serta kontak Anda. Pastikan juga foto atau video yang Anda bagikan dalam kualitas baik dan menarik. 

Twitter

Twitter for Business
source www.poetrymag.org
Media promosi dengan menggunakan Twitter dapat dikatakan gampang-gampang susah, pasalnya dalam postingan Twitter hanya menyediakan 160 karakter dan itu termasuk batasan yang kurang mendukung. Namun jangan berkecil hati, pengguna Twitter sangat banyak di dunia dan berikut tips menggunakan twitter sebagai media promosi untuk mendongkrak kemajuan bisnis online Anda:
  • Jadikan Twitter sebagai sosial media sekunder. Sekunder disini yaitu dengan mengalirkan follower Twitter ke akun sosial media lainnya yang mampu memberi deskripsi produk secara jelas.
  • Fitur sosial media lain yang bisa membantu promosi Anda di Twitter seperti Blog dan Facebook. Daripada membuat deskripsi produk hanya sebanyak 160 karakter, mending membuat postingan artikel pendukung di Blog dan membuat deskripsi produk di Facebook kemudian Anda share ke Twitter.
  • Setelah itu, hasil share Anda di Twitter bisa di promosikan. Lakukan promosi di Twitter untuk kemajuan bisnis online Anda.
Itulah 3 sosial media yang bisa mendongkrak kemajuan bisnis online Anda. Perlu banyak hal yang Anda harus lakukan agar bisnis Anda cepat berkembang.  Namun perlu diingat, bahwa tidak semua yang kita lakukan sesuai dengan yang kita harapkan. Singkat kata sebagai penutup bahwa berbisnislah sesuai kebutuhan pasar, jangan menjual produk yang tidak dibutuhkan.

Artikel Terkait