7/25/2016

Artikel yang Cocok untuk Anda Baca

Artikel-yang-Cocok-untuk-Anda-Baca
source image blog.codice.com

INVHO.com - Ada banyak situs atau blog bertebaran di internet, entah situs atau blog itu menyajikan konten yang kaya informasi atau hanya sekedar hoax, sekedar memuntahkan isi hati penulisnya atau mungkin juga sekedar berbagi informasi yang sudah ada alias copy paste. Untuk mengetahui Artikel itu bermanfaat, di tulis dari hati, maka dibutuhkan sebuah ketangkasan pikiran dan kejelian mata. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum meneruskan membaca sebuah artikel, walau sebenarnya artikel tersebut tidak merugikan. Intinya, artikel yang Anda baca bisa memberi informasi yang dibutuhkan, lalu seperti apa artikel yang cocok untuk Anda baca? berikut pertimbangannya:

1.    Tidak Sesuai Antara Judul dan Isi

Dari pengalaman, saya sering menemukan judul tidak sesuai dengan isi artikel, ketidaksesuaian itu bisa Anda temukana pada paragraf pertama atau kedua. Penulis biasanya akan jujur di paragraf tersebut. Baiknya saat Anda menemukan ketidaksesuaian antara judul dan isi dalam sebuah artikel, segera hentikan sebelum Anda terkena muntah penulis yang hoax. Namun jika Anda penasaran, maka teruskan (No Option).

2.    Artikel Tidak Sesuai dengan Tampilan Situs atau Blog

Sebagai contoh, Anda mencari artikel tentang tips agar diterima jadi publiser AdSense dari Google, saat Anda masuk ke halaman artikel tersebut pasti akan terbesik dibenak Anda bahwa di artikel tersebut pasti ada iklan AdSensenya. Lantas bagaimana jika dalam artikel tersebut tidak ada iklan AdSensenya? Jujur, andai saya dalam posisi tersebut tentu tidak akan meneruskan membaca. Secara rasional bagaimana bisa seseorang memaparkan sebuah tips tentang Adsense namun penulisnya sendiri bukan seorang pubhliser AdSense. How to make sure visitor? Don't know lah. Apa mungkin artikel tersebut dari hasil copy paste, betapa tidak menghargai hak kekayaan intelektual (HKI) seseorang.

3.    Membahayakan Perangkat Akses Anda

Apakah Anda pernah membuka sebuah situs atau blog melalui Smartphone kesayangan Anda? Yaa tentu pernah. Apakah Anda pernah mengakses sebuah situs atau blog namun belum meload isi halaman secara keseluruhan sudah dialihkan ke tab baru, Anda diminta untuk mendownload sebuah aplikasi, membohongi Anda ada virus yang harus segera dihapus (jelas berbohong karena smartphone Anda baru dibeli, bagaimana bisa ada virusnya). Bukan cuma itu, tapi membuat Smartphone Anda bergetar seperti gempa bumi tujuh koma something skala richter. Kalau Anda masih bersikeras tetap stay di halaman itu silahkan, kalau saya sih NO.

4.    Memiliki Tata Bahasa yang Rapi

Jujur saya sangat senang membaca sebuah artikel jika di support dengan tata bahasa yang rapi, sederhana. Ketika Anda terjun ke dunia blogger tentu tidak akan terlepas dari namanya writing (menulis). Anda harus bisa menulis (tidak bisa tidak), mengeluarkan unek-unek bermanfaat untuk orang lain. Bisa saja Anda tidak bisa menulis namun harus ada solusi, seperti:
  • Beli artikel atau sewa jasa penulis. Mau jadi blogger tapi miskin konten? mau dibawah kemana blog Anda?
  • Coba menulis satu atau dua paragraf tentang pengalaman Anda, kalau yakin tulisan menarik coba di lanjut. Intinya bisa menulis itu karena terbiasa.
  • Menulis itu sebenarnya sangat gampang dan sederhana, tinggal buka Notepad atau Microsoft Word atau yang lainnya, letakkan jari-jari manis Anda di atas keyboard PC (Personal Computer) atau keyboard touchscreen Smartphone Anda, lalu tekan 1-0, A-Z dan tanda baca pelengkap (.  ,  :  '  ?  !  etc).
Setidaknya perlu Anda ketahui, bahwa dalam menulis tidak ada titik dibelakang tanda tanya atau tanda seru karena tanda tanya dan tanda seru sudah memilik titik sendiri, saya rasa Anda paham.

5.    Artikel SEO (Search Engine Optimization)

Artikel SEO adalah artikel yang ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs pencarian seperti Google dan Yahoo. Karena artikel SEO lebih mendahulukan sebuah kata kunci yang relevan, maka pasti artikel tersebut akan selalu bertengker di halaman pertama (One Page) mesin pencari. Referensi artikel SEO yang Anda tulis bisa berupa argumentasi, deskripsi, narasi, eksposisi, persuasi dan review. Hanya perlu membubuhi sedikit pengaturan agar mesin pencari lebih mudah merayapi artikel yang Anda publish di situs atau blog kesayangan Anda. Mengapa saya jadikan artikel SEO sebagai salah satu alasan dalam memilih artikel yang cocok untuk dibaca? karena hanya artikel SEO yang di nomor satukan mesin pencari.

Kelima option diatas setidaknya mampu memberi Anda sedikit pemahaman mana artikel yang cocok untuk Anda baca, ada banyak hal sebagai pertimbangan untuk memilih tapi inilah versi saya yang diwakili INVHO dot com. Jika berkesan, Anda boleh share artikel ini melalui tombol sosial media dibawah. Jika tidak sesuai dengan argument Anda, itu hak Anda secara pribadi dan tentu saya hargai serta memberi kesempatan kepada Anda untuk menulis saran ataupun keluhan di kolom komentar.

Artikel Terkait