7/23/2016

Jenis dan Tools Riset Kata Kunci (Keyword) Sebelum Membuat Artikel

INVHO.com - Salah satu strategi SEO atau pengoptimalan mesin pencari adalah dengan memilih kata kunci (keyword) yang tepat sebelum menulis artikel. Jika Anda hanya menulis tanpa memperhatikan kata kunci (keyword), maka jangan heran jika artikel Anda berada diurutan kesekian dalam pencarian Google dan itu artinya situs atau blog Anda akan kesepian pengunjung. Bukankah tujuan utama seorang blogger adalah agar blognya dikenal? Entahlah, setiap blogger mempunyai tujuan yang berbeda.

Jenis-dan-Tools-Riset-Kata-Kunci-(Keyword)-Sebelum-Membuat-Artikel
source image www.linkedin.com
Jenis Kata Kunci (Keyword)

Sebelum riset kata kunci (keyword), berikut ada beberapa jenis kata kunci (keyword) dalam dunia SEO. Sebenarnya kata kunci (keyword) memiliki banyak jenis, namun yang umum digunakan hanya 4, berikut:

1.    Short Tail Keyword 
Short tail keyword adalah kata kunci yang lebih pendek, biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata. Contoh short tail keyword :
  • Android
  • Android Nougat
  • Smartphone Samsung
  • Smartphone Terbaru
Jenis kata kunci (keyword) seperti diatas tingkat persaingannya sangat tinggi. Jadi untuk bersaing dengan kata kunci (keyword) short tail mungkin sedikit rumit jika kemampuan SEO Anda masih minim.

2.    Long Tail Keyword
Long tail keyword memiliki jumlah kata yang lebih banyak, bisa sampe 5 kata, bisa dikatakan versi panjang dari short tail keyword. Contoh keyword long tail keyword:
  • Model Smartphone Terbaru
  • Harga Smarphone Android Paling Murah
  • Smartphone Samsung Terbaik
Long tail keyword lebih direkomendasikan untuk pemula karena tingkat persaingannya cenderung lebih rendah dan lebih  memudahkan artikel Anda berada diposisi teratas (one page) mesin pencari seperti Google.

3.    Perennial Keyword

Keyword parennial atau keyword abadi, keyword ini selalu digunakan untuk mencari informasi tidak pernah berhenti dicari di mesin pencarian. Contoh parennial keyword:
  • Cara Menghilangkan Bekas Jerawat
  • Cara Menyembuhkan Jerawat
Kata kunci tersebut termasuk keyword parennial atau kata kunci abadi karena beberapa orang hampir pernah jerawatan dan pasti banyak orang mencari solusi cara menghilangkan bekas atau menyembuhkan jerawat.

4.    Seasonal Keyword
Seasonal keyword atau keyword musiman adalah kebalikan dari perennial keyword atau keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau bersifat populer sesaat. Contoh seasonal keyword:
  • Jadwal Pertandingan Real Madrid vs Juventus
Keyword ini hanya besifat sesaat, setelah acara dari jadwal pertandingan berlangsung maka keyword tersebut sudah jarang dicari dan jarang dijadikan keyword untuk menulis artikel.

10 Tools Riset Kata Kunci (Keyword)

Berikut ada 10 tool yang bisa Anda gunakan untuk riset kata kunci (keyword) sebelum Anda menulis sebuah artikel:

Keywords
source image by google search
1.    Google Keyword Planner
Tool ini dapat menginformasikan Anda berapa besar volume pencarian dengan kata kunci yang ingin Anda targetkan dan seberapa besar persaingan kata kunci tersebut. Anda bisa melakukan riset kata kunci di Google Keyword Planner untuk memastikan kata kunci yang paling populer, Anda dapat melihat seberapa besar persaingan untuk artikel yang Anda ingin tulis.

2.    Google Trends
Tool ini memungkinkan Anda untuk menemukan kata kunci yang populer di hari yang sama, kata kunci bisa Anda dapatkan berdasarkan negara, tanggal, tahun, bahkan kata kunci atau keyword yang paling populer secara global. Tool ini menyediakan banyak kategori kata kunci atau keyword.

3.    Google Autocomplete
Google autocomplete ini adalah tool untuk membantu melengkapi riset keyword Anda dengan memberi kata kunci yang sering di ketikkan di kotak pencarian Google. Caranya ketikkan sesuatu kata atau kalimat di dalam kotak pencarian Google, Google akan memberikan referensi berupa kata kunci yang hampir sama dengan Anda cari dan referensi ini tentu adalah kata kunci yang sering orang cari.

4.    Yahoo Buzz Log
Tool Yahoo buzz log hampir mirip dengan Google Trend. Tool ini dapat mencari kata kunci yang paling banyak di cari di Yahoo, berdasarkan dari pengguna yahoo di seluruh dunia. Anda pun bisa mencari kata kunci terpopuler di yahoo berdasarkan kategori yang terdapat di yahoo buzz log.

5.    Bing Webmaster Keyword Recearch Beta
Tool ini memungkinkan Anda bisa mencari volume kata kunci dan frase berdasarkan negara dan bahasa, seperti bahasa Indonesia dan lainya. Tool ini memungkinkan Anda untuk mengetahui kata kunci atau keyword terpopuler berdasarkan pencarian organik di bing.

6.    AOL Search Trends
Tool AOL Search Trends secara langsung memberikan daftar 50 kata kunci terpopuler baik gambar maupun kata kunci yang di dukung oleh Google. Anda bisa mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari berdasarkan beberapa banyak kategori, seperti berita, shopping dan lain lain.

7.    Twitter Search
Tool ini terbilang sangat mudah dilakukan, tinggal login di akun twitter Anda. Kata kunci populer dengan tool twitter dapat diketahui berdasarkan topik yang paling banyak dibicarakan, di retweet dan penggunaan hashtag atau tanda pagar (#).

8.    YouTube Keyword Tool
Tool ini dapat menampilkan kata kunci yang paling banyak di cari di YouTube, bisa juga dalam kurung waktu bulanan di YouTube. Youtube adalah salah satu situs terbesar yang penyimpanan banyak video. Tentu akan banyak orang mencari video dengan kata kunci  atau keyword. Dengan itu, tool ini memberi kesempatan untuk Anda menentukan kata kunci yang populer untuk Anda jadikan bahan artikel.

9.    Youtube Trends
Tool ini menyediakan wawasan video yang paling populer, video populer disini berdasarkan kata kunci yang banyak dicari serta video berdasarkan jumlah view terbanyak.

10.    Ubersuggest
Fungsi dari Ubersuggest adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword.

Ada banyak tool yang bisa Anda gunakan untuk mencari kata kunci atau keyword sebelum menulis artikel. Namun perlu diketahui bahwa tingkat persaingan kata kunci atau keyword yang populer sangat tinggi jadi ini tentu bukan hal yang mudah. Demikianlah artikel ini tentang Jenis dan Tools Riset Kata Kunci (Keyword) Sebelum Membuat Artikel, mudah-mudahan apa yang INVHO.com paparkan di atas dapat bermanfaat buat kita semua sebagai pecinta blog.

Artikel Terkait