8/09/2016

5 Cara Mempercepat Loading Blog

INVHO.com - Tahukah Anda bahwa Google sangat tidak suka dengan blog yang loadingnya super berat, lambat atau lemot? Jika Anda tahu tentang hal itu, tentu tidak ingin blognya seperti itu.

5-Cara-Mempercepat-Loading-Blog
source image topappdevelopmentcompanies.com
Bisa dibayangkan jika blog Anda lemot, seseorang yang berkunjung pasti akan sangat emosional saat informasi yang mereka butuhkan terbuka dengan sangat lama atau bahkan hanya sebagian yang ke-load. Jika hal itu terjadi, pasti mereka akan meninggalkan blog Anda dan berpindah ke blog yang lain.

Ingat, kecepatan loading blog adalah salah satu faktor SEO, dengan memperhatikan kecepatan loading blog, secara sadar Anda membuat pengunjung senang, tidak menutup kemungkinan mereka akan berkunjung kembali karena terkesan dengan loading blog yang cepat, belum lagi jika ditunjang dengan tema blog yang keren. Yakin meraka betah!

5 Cara Mempercepat Loading Blog 
Untuk itu berikut ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk memepercepat loading blog, antaralain:

  1. Jangan menggunakan gambar sebagai background blog
  2. Jangan menggunakan widget yang berlebihan
  3. Optimasi remove render-blocking JavaScript untuk loading blog
  4. Menghapus kode FTML yang tidak diperlukan
  5. Menghapus CSS yang tidak digunakan.
Dari ke 5 (lima) cara mempecepat loading blog di atas, berikut adalah masing-masing penjelasannya, simak secara seksama:

 

1# Jangan Menggunakan Gambar Sebagai Background Blog

Dibawah ini adalah pemaparan dari Google yang berkaitan dengan penggunaan gambar sebagai background blog:

Images and Media
The more images, videos and other multi-media you have on your blog the longer it will take to load. However, images and other multimedia are important to attracting users to your blog, so it is important to optimize the load speed of your images and media. Here are a few tips to increase the load speed of your media:
 
  • Decrease the size of your images or use thumbnails that link to the full-size image. 
  • If you use third party images, consider uploading them to Picasa Web Albums via the Blogger post editor. 
  • If you have a large number of images to display, you can upload all your images (from a vacation or event) to a Picasa Web Album and link to the album in your post or sidebar.
Untuk mengatasi hal itu, silakan ganti background blog Anda dengan kode warna HTML atau kode CSS/HTML.

1. Silahkan login ke akun Blogger Anda
2. Pilih template - Edit HTML
3. Cari kode berikut dengan menggunakan (Ctrl+F)  

body {background:# ......;}
4. Setelah menemukan kode diatas, silahkan ganti dengan kodenya kurang lebih seperti ini: 
body {background:#FFF;}
Note: 
Kode #FFF adalah kode warna putih. Silakan pilih warna lain sesuai selera.

2# Jangan Menggunakan Widget yang Berlebihan

Salah satu penyebab blog menjadi berat dan loadingnya lama adalah penggunaan widget yang terlalu banyak. Memang perlu di tambahkan widget di blog tapi tidak di anjurkan jika itu berpengaruh pada kecepatan loading blog. Untuk itu sebaiknya gunakan widget yang bermanfaat saja, sekarang silahkan hapus widget yang menurut Anda harus dihapus.

3# Optimasi Remove Render-Blocking JavaScript Untuk Loading Blog

Menurut Google seperti ini:

Before the browser can render a page it has to build the DOM tree by parsing the HTML markup. During this process, whenever the parser encounters a script it has to stop and execute it before it can continue parsing the HTML. In the case of an external script the parser is also forced to wait for the resource to download, which may incur one or more network roundtrips and delay the time to first render of the page. See Adding Interactivity with JavaScript to learn more about how JavaScript affects the critical rendering path.

Untuk lebih memahami tentang hal ini silahkan Anda kunjungi petunjuk Google tentang Remove Render-Blocking JavaScript disini.

4# Menghapus Kode FTML yang Tidak Diperlukan

Ada beberapa kode yang tidak diperlukan dalam template blog, untuk itu sebaiknya Anda hapus saja demi mempercepat loading blog. apa saja kode itu? berikut: 
  • <b:includable id='feedLinks'>
  • <b:include name='quickedit'/>
Untuk menghapus silhakan ikuti langkah berikut:
  1. Silahkan login ke akun Blogger Anda 
  2. Pilih template - Edit HTML 
  3. Cari kode diatas dengan menggunakan (Ctrl+F) 
  4. Setelah menemukan, silahkan dihapus satu per satu karena biasanya akan ada banyak kode diatas dalam template blog.
Note:
Silahkan backup terlebih dahulu template blog sebelum menghapus kode diatas, ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya kesalahan beberapa penghapusan element HTML.

5# Menghapus CSS yang Tidak Digunakan

CSS adalah singkatan Cascading Style Sheet) yang merupakan sebuah aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Kode CSS bisa Anda temukan di antara kode <b:skin> dan </b:skin> dalam template blog. 

Untuk mengetahui atau mengecek ada tidaknya kode CSS yang tidak digunakan dalam template blog, berikut bebrapa langkahnya:
  1. Silahkan Anda kunjungi alamat URL berikut Unused CSS
  2. Silahkan masukkan URL blog Anda
  3. Tunggu sampai hasilnya keluar
  4. Jika ada kode CSS yang ditemukan, silahkan cek kode CSS tersebut, hasilnya berupa mana yang lebih banyak digunakan dan mana yang tidak (Used dan Not Used).
  5. Jika CSS tersebut tidak digunakan, silahksan hapus saja kode CSS tersebut di template blog Anda.
Cara-Mempercepat-Loading-Blog

Dengan langkah ini, maka CSS pada blog Anda akan lebih ramping serta menambah kecepatan loading blog Anda.

Kesimpulan

Untuk membangun sebuah dengan serius, sebaiknya mulai memperhatikan semua hal-hal menyangkut blog Anda. Kemajuan sebuah blog tergantung seberapa besar niat dan usaha Anda untuk mengurus blog tersebut. Sekian penjelasan INVHO.com tentang "5 Cara Mempercepat Loading Blog". Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait