8/22/2016

Istilah-Istilah Penting Dalam Dunia Blog

INVHO.com - Didalam dunia blog, ada banyak istilah-istilah penting yang wajib untuk diketahui, tujuannya adalah agar mempermudah proses penggunaan dan penerapan istilah tersebut.  Istilah tersebut baik digunakan untuk berbagi ilmu melalui artikel, forum atau bisa digunakan sebagai teknik SEO.

Istilah-Istilah-Penting-Dalam-Dunia-Blog
source image madeline.peirsman.free.fr
Istilah-istilah yang lazim dan banyak digunakan dalam dunia blog adalah sebagai berikut:

1.    AdSense
AdSense adalah fitur periklanan secara online miliki Google. Untuk bergabung sebagai publisher AdSense maka website/blog memenuhi syarat dari AdSense itu sendiri. Google AdSense akan membayar publisher nya berdasarkan jumlah iklan yang di klik oleh pengunjung website/blog.

2.    AdWords
AdWord adalah merupakan fitur iklan secara online yang juga miliki Google. AdWords adalah pemasang iklan (advertiser), dimana pemasang iklan akan dikenakan biaya dengan menggunkaan sistem Cost-per-Click (CPC). Iklan yang dipasang akan muncul secara tertarget pada website atau blog yang diterima sebagai publisher AdSense.

3.    Akismet
Akismet adalah sebuah fitur tambahan miliki platform WordPress, dimana Akismet berfungsi untuk mencegah spam. Fitur ini otomatis terinstal saat menginstal Wordpress.

4.    Alexa
Alexa adalah situs yang merekan seluruh traffic pada seluruh website/blog. Alexa akan memberi peringkat pada sebuah website/blog, dimana peringkat tersebut dapat dijadikan patokan bagi para pemilik situs.

5.    Anchor Text
Anchor Text adalah istilah untuk teks (kata atau kalimat) yang digunakan sebagai link atau backlink. Anchor Text juga merupakan salah satu aspek penting dalam SEO.

6.    ATOM
ATOM merupakan alat berlangganan feed pada sebuah website/blog. Atom adalah salah satu alternatif untuk RSS, dimana memungkinkan Anda untuk mendapatkan update artikel terbaru dari sebuah website/blog yang Anda ikuti.

7.    Backlink
Backlink merupakan link didalam sebuah halaman web yang mana jika di klik akan mengarah ke halaman website lain, baik itu mengarah ke homepage atau ke konten. Biasanya semakin banyak backlink yang Anda terima dari sebuah website, maka akan semakin tinggi nilai website Anda.

8.    Blog
Blog adalah salah satu jenis website yang pada umumnya berupa tulisan atau jurnal online. Blog biasanya terdiri dari beberapa kumpulan artikel yang tersusun secara rapi serta kronologis berdasarkan tanggal posting ataupun berdasarkan kategori.

9.    Blogger
Blogger dapat dikatakan sebagai pemilik dari sebuah blog. Blogger juga merupakan nama platform blog dan hosting gratis milik Google.

10.    Blogging
Blogging jika diartikan secara luas adalah merupakan semua bentuk kegiatan atau aktifitas yang berhubungan dengan dunia blog.

11.    Blogspot
Blogspot adalah platform blog serta hosting gratis milik Google. Hal ini muncul karena setiap blog yang dibuat di blogger akan mengacu pada domain yang berakhiran blogspot.com.

12.    Bounce Rate
Bounce Rate merupakan salah satu metrik dalam analisis website/blog. Bounce Rate mengacu pada tingkat pengunjung disebuah website/blog.

13.    Broken Link
Broken Link adalah link di sebuah blog yang sudah expired atau link yang tidak berfungsi lagi. Dikatakan sudah expired atau tidak berfungsi karena tidak bisa mengarah lagi pada halaman web mana pun. Jenis link seperti ini sangat dihindari oleh para blogger dan jika ada link seperti ini harus segera diperbaiki karena akan berpengaruh terhadap kesehatan website/blog.

14.    CMS
CMS merupakan singkatan dari Content Management System. CMS adalah sebuah softwere untuk membangun atau mengembangkan website baik berupa desain, pengelolah data, integrasi dengan hosting, dan lain-lain. CMS yang cukup populer adalah WordPress, Joomla dan Drupal.

15.    CPA
CPA merupakan singkatan dari Cost-per-Action. CPA adalah sistem periklanan online, dimana pemasang iklan mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan aktifitas tertentu di website/blog. Seperti saat pengunjung membeli produk, melakukan register, dan aktifitas lainya.

16.    CPC
CPC merupakan singkatan dari Cost-per-Click. CPC adalah dimana pemasang iklan yang mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah klik iklan yang dipasang.

17.    CPM
CPM merupakan singkatan dari Cost-per-Mile. CPM adalah biaya dari 1000 kali tayang. CPM salah satu bentuk periklanan online dimana pemasang iklan akan mengeluarkan biaya untuk setiap 1000 kali tayang pada iklan yang mereka pasang pada sebuah website/blog.

18.    CSS
CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS adalah bahasa yang digunakan untuk menyusun bentuk sebuah halaman web yang menggunakan HTML.

19.    Domain
Domain sering disebut juga sebagai hostname. Domain adalah sebuah nama untuk mengidentifikasi dan membedakan sebuah website/blog di internet.

20.    Favicon
Favicon adalah singkatan dari Favorites Icon. Favicon akan mengacu kepada icon disebuah website/blog yang tampil pada tab browser. Favicon dapat dilihat tepat disamping kiri alamat URL sebuah website/blog.

21.    Feed
Feed adalah salah satu alat yang digunakan seseorang untuk berlangganan secara digital pada sebuah website/blog. Dengan Feed, seseorang bisa secara terus-menerus menerima artikel terbaru dari website/blog yang diikutinya.

22.    FTP
FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. FTP dikenal sebagai sistem protokol yang berfungsi mentransfer data dari komputer lokal ke komputer server, ataupun sebaliknya. Jika seseorang menggunakan jasa hosting untuk menjalankan website, dipastikan akan membutuhkan FTP untuk mentransfer data.

23.    Google Analytics
Google Analytics adalah layanan statistik website milik Google. Dengan Google Analytics, maka pemilik website/blog bisa menganalisa pengunjung, pemilik blog bisa melihat berbagai informasi dan statistik pengunjunge. Google Analytics bisa juga dijadikan sebagai tools untuk mengembangkan website/blog.

24.    HTML
HTML adalah merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML adalah bahasa protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server kedalam sebuah browser.

25.    JavaScript
JavaScript merupakan bahasa pemprograman yang berbasis web yang berorientasi pada objek tertentu, dimana tampilannya akan terlihat lebih hidup dan interaktif. JavaScript sering juga bisa disebut sebagai Object Oriented Programming (OOP). Penulisan JavaScript biasanya ditandai dengan tag <script> dan dikahiri dengan </script>.

26.    Meta Tag
Meta Tag adalah kode HTML yang terletak dibagaian <head> dalam template website/blog. Kelebihan Meta Tag adalah tidak dapat terlihat pada browser. Namun dengan penggunaan Meta Tag, mampu memberi informasi tambahan kepada mesin pencari tentang isi dari website/blog.

27.    Niche
Niche dalam dunia online adalah tema. Niche termasuk topik yang akan dibahas pada sebuah website/blog. Secara umum, pemilik website/blog akan mengusung beberapa Niche agar lebih variatif.

28.    NoFollow
NoFollow adalah tag yang membungkus sebuah link. NoFollow ini akan mengintruksikan kepada robot perayap untuk tidak mengikuti link tersebut. Dengan penggunaan tag NoFollow pada link maka robot perayap akan mengabaikan link tersebut.

29.    Page Views
Page views atau dikenal juga sebagai Impression. Setiap halaman dibuka oleh seseorang, akan terhitung sebagai page views. Page view adalah metrik utama yang bersanding dengan jumlah pengunjung dalam statistk website/blog. Satu pengunjung website/blog dapat menghasilkan beberapa page view, tergantung berapa jumlah halaman yang dibuka pengunjung pada website/blog.

30.    PageRank
PageRank adalah sistem peringkat yang dikeluarkan oleh Google, sehingga lebih dikenal dengan nama Google PageRank. PageRank memiliki nilai antara 0 (Nol) sampai 10 (Sepuluh), nilai 10 termasuk dalam peringkat tertinggi. Google PageRankk menerapakan sistem Algoritma yang sangat kompleks dalam menetapkan peringkat. Link disebuah website atau blog yang populer dianggap sebagai poin utama dalam penilaian PageRank oleh Google.

31.    PHP
PHP merupakan singkatan dari Hypertext Processor. PHP adalah bahasa script yang berfungsi untuk menciptakan sebuah laman web yang dinamis serta cepat. Website yang besar mayoritas tersusun oleh PHP.

32.    Ping
Ping merupakan tool jaringan yang difungsikan untuk mengecek/memanggil alamat tertentu melalu internet. Dalam dunia Blogging, Ping diartikan juga sebagai suatu tindakan untuk mengirimkan pesan kepada server atau mesin pencari bahwa website/blog memiliki artikel baru untuk dirayapi.

33.    Pingback 
Pingback adalah tool yang berfungsi memberitahukan informasi kepada sebuah website/blog bahwa seseorang telah memberikan link ke website/blog Anda. Pingback biasanya muncul pada kotak komentar posting jika memang post tersebut ada backlink.

34.    Plugin
Plugin adalah sebuah tool yang dibuat oleh pihak ketiga untuk sebuah website, Plugins dapat memperkaya fungsi dan fitur dalam sebuah website/blog.

35.    Publisher
Publisher adalah sebutan untuk orang yang dalam website/blognya menayangkan iklan milik jaringan periklanan (advertiser). Baik itu iklan berupa CPA, CPM, dan lainnya.

36.    RSS
RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication. RSS berupa bentuk berlangganan di sebuah website/blog yang disukai. Biasanya seseorang akan mendapatkan notifikasi berupa email jika ada artikel baru dari website yang diikutinya.

37.    Search Engine
Search Engine atau mesin pencari berfungsi untuk mengumpulkan informasi dari sebuah website/blog. Website/blog yang memiliki artikel original atau memanfaatkan teknik SEO, biasanya akan lebih cepat terindex oleh robot mesin pencari.

38.    SERP
SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Page. SERP merupakan halaman yang menampilkan daftar dari hasil pencarian di mesin pencari. SERP akan memberikan hasil yang paling sesuai dengan kata kunci yang dicari di mesin pencari.

39.    Social Bookmarking
Social Bookmarking adalah sebuah situs yang memungkinkan penggunanya bisa melakukan submit, vote, atau membagikan sebuah link melalui sebuah akun tertentu. Tujuannya adalah untuk menyebar informasi kepada pengguna lain.

40.    Subscriber
Subscriber adalah orang yang berlangganan feed disebuah website/blog. Subscriber biasanya menggunakan tools feeder dan via email.

Nah, untuk sementara itu saja dulu istilah-istilah penting dalam dunia blog, selebihnya akan terus diupdate daftar istilahnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terkait