8/27/2016

Kebijakan Baru! Jumlah Iklan AdSense Tidak Dibatasi Lagi

INVHO.com - Mendengar judul artikel ini "Kebijakan Baru! Jumlah Iklan AdSense Tidak Dibatasi Lagi" tentu merupakan sebuah kabar gembira bagi para publisher AdSense.

Jumlah-Iklan-AdSense-Tidak-Dibatasi-Lagi
source image twitter.com
Betapa tidak, sebelumnya seperti yang kita ketahui bersama, batas jumlah maksimal unit iklan dalam satu halaman, yaitu:
  • 3 unit iklan Adsense untuk konten
  • 3 unit iklan tautan teks, dan
  • 2 unit iklan penelusuran

Bukan cuma itu, sebelumnya ada juga batasan penggunaan unit iklan yang berukuran besar. Unit iklan yang berukuran besar maksimal hanya 1 dalam halaman yang diperbolehkan, seperti:
  • Maksimal 1 unit iklan berukuran 300×600 dalam satu halaman
  • Maksimal 1 unit iklan berukuran 300×1050 atau 970×250 dalam satu halaman
  • Maksimal 1 unit iklan berukuran 750×200 atau 580×400 dalam satu halaman


Setelah kita meninjau kebijakan baru tersebut mengenai jumlah iklan yang tidak dibatasi lagi maka sekarang tentu kita sudah bisa:
  • Sekarang kita bisa memasang 3 atau lebih unit iklan dalam satu halaman.
  • Sekarang kita bisa memasang lebih dari satu unit iklan berukuran besar dalam satu laman
  • Ingat! kita hanya diperbolehkan unit memasang 1 unit iklan berukuran 320×100 di bagian paruh atas pada tampilan mobile, namun pada bagian paruh bawah, jumlah iklan tidak dibatasi.

Mengapa Kebijakan Baru ini Ada?

Mengapa kebijakan baru ini ada? karena Google menginginkan para publishernya untuk tidak menambahkan jaringan iklan lain. Selama ini publisher AdSense hampir menyadingkan iklan AdSense dengan jaringan iklan lain karena meraka merasa tidak puas dengan adanya batasan iklan dalam satu halaman.

Batasan 3 unit iklan dalam satu halaman dapat dilihat pengaruhnya jika sebuah artikel sangat panjang, jumlah kata dalam artikel bisa 1000 atau bahkan lebih. Nah, jika hanya 3 unit iklan saja, maka itu terasa kurang mewakili artikel tersebut.

Meski pihak Google sudah menghilangkan jumlah batasan iklan dalam satu halaman tapi kita tetap perlu mengontrol jumlah pemasangannya. Berikut kutipan kalimat yang menekankan hal tersebut:

“Iklan dan materi promosi berbayar lainnya yang ditambahkan ke laman tidak boleh melebihi konten. Selain itu, konten yang Anda sediakan harus memberi nilai tambah dan menjadi titik fokus bagi pengguna yang mengunjungi laman.”

Jika diartinkan, kita tetap harus mengontrol dalam penggunaan jumlah iklan dalam konten, jumlah iklan tidak boleh lebih banyak dari jumlah manfaat konten, konten yang kita pasangi iklan pun harus mampu memberi manfaat bagi pengunjung.

Oleh karena itu jangan sampai kita seenaknya memasang jumlah unit iklan yang banyak tanpa mempertimbangkan kontennya. Google tetap akan melakukan review terhadap jumlah iklan yang berlebihan. Google secara tegas menjelaskan bahwa tetap bisa: 

“Menonaktifkan penayangan iklan di laman yang tidak memberikan manfaat atau hanya sedikit manfaat dan/atau memiliki iklan berlebihan”.

Kesimpulan

Dengan adanya kebijakan baru ini, kita sebagai publisher tetap harus menjaga dan mengontrol diri dalam menempatkan jumlah iklan. Besar kecilnya penghasilan dari AdSense bukan dilihat dari berapa jumlah iklan yang kita pasang, tapi seberapa besar manfaat yang kita berikan kepada pengunjung melalui artikel. Semakin banyak manfaat dalam artikel yang kita sajikan, maka semakin besar pula jumlah pengunjung disitus atau blog kita. Dengan begitu pendapatan AdSense pun akan ikut bertambah, amin.

Artikel Terkait