8/16/2016

Manfaat Menggunakan Teknik SEO Di Situs/Blog

INVHO.com - Lagi-lagi berbicara tentang SEO (Search Engine Opimization), diluar sana sangat banyak situs yang menjual jasa SEO namun saya tidak menyuruh Anda untuk membeli penyedia jasa tersebut. Saya hanya ingin bagaimana cara Anda sendiri untuk mengusai tehnik SEO dan penerapannya dalam situs/blog yang Anda kelola.

Manfaat-Menggunakan-Teknik-SEO
source image monacoproperty.net
Di arikel ini pun saya tidak akan membahas cara penerapan teknik SEO, tapi saya akan mengulas apa saja manfaat menggunakan teknik SEO di situs/blog. Berikut 8 manfaat menggunakan teknik SEO yang paparkan secara rinci:

1.    Semakin Meningkatnya Jumlah pengunjung di Situs/Blog
Situs tercover dengan themes atau template yang keren tidak menjamin akan mendatangkan banyak pengunjung. Salah satu tekhik SEO adalah memiliki konten original yang berkualitas. Perlu Anda diingat, bahwa banyak situs/blog yang menyajikan konten original namun trafficnya tidak bertambah, kenapa? karena:
  • Konten tersebut tidak ada teknik SEO didalamnya
  • Konten tersebut tidak dibutuhkan.

2.    Situs/Blog Akan Semakin Terkenal
Popularitas itu sangat penting, saat situs/blog Anda sudah terkenal, maka dengan mudah Anda bisa melakukan promosi produk. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mencari konsumen, tetapi konsumenlah yang akan mencari Anda untuk beriklan di situs/blog Anda.

3.    Bisa Memenangkan Sebuah Kontes SEO
Kontes SEO (Search Engine Opimization) adalah sebuah ajang kompetisi untuk memperebutkan posisi nomor 1 (satu) di salah satu situs mesin pencari. Biasanya pemenang kontes SEO dilihat dari posisi nomor 1 sampai 10 dalam batas waktu tertentu, tergantung syarat dan ketentuan dari pihak penyelenggara. Kontes tersebut akan menawarkan hadiah yang beragam, bisa berupa uang tunai, domain gratis, dll.

4.    Bisa Menghasilkan Uang Tambahan
Jika situs/blog yang Anda kelola sudah memiliki banyak pengunjung, Anda bisa memasang iklan jenis PPC (Pay-Per-Click). Cara kerja iklan PPC sangat sederhana, Anda hanya perlu menyisipakn iklan ini didalam konten, widget atau header. Iklan yang muncul pun biasanya akan relevan dengan isi konten. Saat pengunjung membaca konten Anda, bisa saja pengunjung tersebut melakukan klik, dengan begitu Anda akan memperoleh penghasilan dari klik iklan tersebut. Penghasilan bisa Anda withdraw jika sudah mencapai ambang batas penarikan.

5.    Menjangkau Pasar yang Belum Tertarget
Dari situs/blog yang Anda kelola, Anda bisa mempromosikan produk secara online berdasarkan pasar yang ditarget. Target pasar bida dibidik berdasarkan wilayah, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa, negara, dan lain-lain.

6.    Mendongkrak Citra Bisnis
Setelah Anda mengelola situs/blog Anda dengan baik, maka saatnya mendongkrak citra (image) bisnis Anda di mata konsumen. Walaupun bisnis yang Anda kelola masih tergolong kecil, namun karena kehadirannya secara online di situs/blog, maka citra bisnis tersebut akan naik minimal 1 (satu) level dibanding bisnis yang serupa dengan kompetitor Anda. Citra bisnis tersebut bisa Anda bangun dengan menjaga kepercayaan konsumen.

7.    Biaya Beriklan Relatif Murah
Internet adalah media untuk beriklan yang relatif murah serta efisien. Sampai saat inipun, pembuatan situs/blog masih ada yang gratis. Karena alasan itu saya berani katakan bahwa biaya promosi atau iklan di internet relatif lebih murah dibandingkan dengan pemasaran secara manual. Belum lagi jika beriklan di internet, jangkauan pasarnya tidak terbatas.

8.    Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan
Situs/blog adalah merupakan jembatan penghubung antara Anda selaku produsen dengan konsumen selaku pembeli. Contoh kecilnya, saat konsumen tidak puas dengan salah satu produk Anda, ada keluhan, komplain atau sekedar ingin memberi masukan berupa saran atau kritik, maka dengan mudah konsumen tensebut menghubungi Anda melalui fitur yang telah disediakan seperti contact us, fitur chatting, forum, comment atau review produk. Dengan begitu, konsumen merasa diberikan hak atas produk yang sudah meraka beli.

Nah, itu dia 8 (delapan) Manfaat Menggunakan Teknik SEO Di Situs/Blog, semoga Anda bisa menerapkan teknik SEO (Search Engine Opimization) dalam situs/blog yang Anda kelola. Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait