9/04/2016

Cara Menjawab Apa Kelebihan Anda Saat Wawancara Kerja

Cara Menjawab Apa Kelebihan Anda Saat Wawancara Kerja
source image www.managementjournal.net
INVHO.com - Saat interview kerja, kebanyakan dari pihak pewawancara bertanya "Apa kelemahan Anda?". Untuk menjawab apa kelemahan diri Anda, sepertinya terasa lebih sulit jika harus menjawab pertanyaan "Apa kelebihan Anda?" Jika tidak mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan ini maka bisa saja Anda tersandung saat menjawab. Kenapa? karena pertanyaan ini butuh tingkat percaya diri yang tinggi, tidak arogansi. Jadi sebaiknya persiapkan jawaban super untuk pertanyaan "Apa kelebihan Anda?"

Kelebihan yang dimaksud pewawancara biasanya lebih cenderung ke non-teknis, misalnya bagaimana memanage waktu dengan baik, kemampuan berkomunikasi, dan lain sebagainya. Jika tidak yakin dengan kelebihan yang Anda miliki, pasti akan terasa sulit untuk menjadi objektif dengan diri-sendiri. Karena itu, coba Anda sekali-kali meminta pendapat teman atau kerabat dekat tentang bagaimana diri Anda.

Pertanyaan tentang kelebihan bisa muncul dalam bentuk lain namun memiliki makna yang sama, seperti:
  • Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
  • Apa yang membuat Anda yakin bisa bergabung di perusahaan kami?
  • Mengapa Anda merasa cocok di posisi ini?

Anda tidak perlu merasa kakuh dan gugup jika dihadapkan dengan pertanyaan seperti di atas. Anda harus yakin bisa memberi jawaban yang membuat pewawancara mengangguk puas. Sebelum Anda terkesan hebat menjawab, maka persiapkan hal-hal berikut:

Cara Menjawab "Apa Kelebihan Anda" Saat Wawancara Kerja 


1.    Menjawab Sesuai Kebutuhan
Daripada Anda menjelaskan panjang lebar kelebihan Anda, sebaiknya pilih satu atau dua saja yang memang Anda rasa benar-benar akan memberi peluang untuk diterima. Tips penting, Anda terlebih dulu menguasai job description yang tertera di lowongan kerja.
Sebagai contoh, posisi yang Anda sedang lamar mengharuskan untuk banyak berinteraksi dengan klien, jadi cara ampuh untuk menjawab kelebihan Anda adalah dengan mengatakan "Anda bisa komunikasi dengan baik". Tambahkan juga bahwasanya Anda fleksibilitas, serta kreativitas.

2.    Jangan Memberi Kesan Sombong
Tujuan Anda wawancara adalah untuk diterima bekerja sebagai karyawan, karena itu Anda harus membuat pewawancara kagum dengan jawaban yang Anda lontarkan, namun tetap hati-hati jangan sampai jawaban tentang kelebihan Anda, memberi kesan sombong.

3.    Dukung Dengan Bukti
Banyak bicara tanpa bukti hasilnya kosong. Jika hanya bercerita apa kelebihan Anda, maka itu tentu belum cukup, butuh bukti. Misalnya, kelebihan Anda terletak pada jiwa kepemimpinan, jadi Anda harus menceritakan kisah ketika sukses memegang sebuah proyek atau cabang yang besar, dimana mengharuskan Anda untuk memimpin banyak bawahan. Dengan begitu, pewawancara tahu kalau Anda tidak hanya memiliki keunggulan yang dicari oleh perusahaan, tapi juga punya track record sebagai pembuktian.

Selain itu, pastikan jawaban tentang kelebihan Anda tetap dan selalu selaras dengan budaya perusahaan. Hal ini membutuhkan ketangkasan Anda untuk memahami nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Untuk mengetahui itu, tentu Anda harus membaca profile perusahaan dengan mencari informasi tersebut melalui website resminya, melalui media massa, social media ataupun lainnya. Semoga pewawancara terkesan dengan jawaban Anda.

Artikel Terkait