10/02/2016

4 Sosial Media Terpopuler

4 Sosial Media Terpopuler

INVHO.com - 4 Sosial Media Terpopuler, beberapa tahun terakhir, banyak sosial media baru bermunculan, baik itu sosial media yang fokus pada platform Smartphone maupun untuk Desktop.

Setiap sosial media memiliki fungsi dan fitur yang berbeda-beda. Dengan fungsi dan fitur yang berbeda tersebut, tentu sosial media ini memiliki jumlah pengguna yang tidak sama pula. Mengapa? Karena, tidak menutup kemungkinan pengguna sosial media seperti Facebook juga menyukai sosial media seperti Twitter.

Definisi Sosial Media

Sosial media atau biasa di singkat Sosmed adalah sebuah media masa yang dapat digunakan orang banyak (Publik) untuk berinteraksi. Mulai dari keperluan bisnis, mencari informasi, ataupun bergaya masa kini.

Salah satu manfaat sosial media adalah kita akan memperoleh banyak informasi setiap hari, baik itu berupa seputar informasi bisnis, politik, hiburan, dll. Selain sisi positif yang disebutkan, juga terdapat sisi negatif. Seperti, adanya beberapa oknum yang dengan sengaja menyebarluaskan konten yang tidak pantas, melakukan penipuan, dll.


4 Sosial Media Terpopuler

Dan berikut adalah 4 sosial media terpopuler yang saat ini memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia.

1. YouTube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. YouTube resmi diakuisisi oleh Google pada Oktober 2006 dengan nilai akuisisi US$1,65 Miliar.

YouTube memungkinkan para penggunanya untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video. Video YouTube pun bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan oleh para Youtubers dengan cara mengaitkan atau memonetisasi video hasil karya sendiri dengan produk Google yaitu AdSense.

2. Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September 2012 , Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.

Facebook merupakan social terbesar ke-2 setelah YouTube. Facebook memiliki banyak fitur populer seperti berbagi status, chatting, group, fanspage, video streaming.

Seiring perkembangan, Facebook tidak ingin dikatakan sebagai perusahaan yang kecil. Terbukti, Facebook saat ini berhasil mengakuisisi WhatsApp dan Instagram.

Bukan hanya itu, Facebook saat ini merupakan salah satu media promosi yang paling banyak diminati oleh pebisnis. Facebook Ads adalah fitur yang diluncurkan Facebook khusus untuk para pebisinis yang ingin beriklan kepada seluruh pengguna Facebook dan Instagram.


3. Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).


Twitter bukan situs jejaring sosial tapi lebih ke jejaring informasi untuk menyebarkan berita terkini keseluruh belahan dunia. Hal tersebut ditegaskan oleh pendiri Twitter yaitu Evan Williams yang mengatakan:
“Twitter bukanlah jaringan sosial. Jadi, oke saja untuk tidak menjadi pengikut (follower) seseorang yang menjadi pengikutmu. Jangan khawatir dicap angkuh,”

4. Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Pada 2012, Facebook mengakuisis Instagram dengan harga US$ 1 miliar. Meskipun Instagram sampai saat ini masih sangat populer, tapi seharusnya pada saat Facebook membelinya, harga penjualannya belum mencapai US$ 1 miliar.


Alasan Facebook mengakuisisi Instagram karena Instagram memiliki platform berbagi gambar yang lebih baik, sementara Facebook tidak memilikinya. Tentu saja, Instagram dapat menarik jauh lebih banyak pengguna dan memberi Zuckerberg keuntungan yang menjanjikan.

Nah, itulah 4 sosial media terpopuler hingga saat ini, apakah Anda juga pengguna dari ke-4 sosial media diatas? Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait