6/30/2017

Android Tidak Bisa Konek WIFI, Cara Atasinya?

Android Tidak Bisa Konek WIFI

INVHO.com - Android tidak bisa konek WIFI, cara atasinya akan saya bahas pada artikel ini. Perlu diketahui bahwa android yang tidak bisa konek ke wifi masalahnya berbeda-beda. Karena itu,  tentu cara mengatasinya pun berbeda.

Karena hidup sepertinya kebanyakan bergantung pada jaringan wifi untuk browsing, streaming dan bermain game. Karena itu, saya dan mungkin juga Anda lebih memilih wifi di banding dengan internet provider. Wifi memiliki akses yang lebih cepat serta unlimited, sedangkan SIM card menurut saya koneksinya lebih lama walaupun sudah 4G, alasan terakhir sangat MAHAL.

Btw, kejadian yang pernah saya alami android tidak bisa konek wifi seperti ini : "obtaining IP adress" dan pada akhirnya "failed connect to network". Yang lebih mengherankan, orang sebelah saya pake wifi yang sama tapi koneksinya lancar-lancar saja.  Jika disimpulkan, maka sumber masalahnya bukan pada modem atau router wifi nya tapi pada android nya.

Nah, bagaimana cara atasi android yang tidak bisa konek wifi, berikut langkah-langkah nya yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya, silahkan di coba satu persatu sampai android Anda bisa konek wifi.

1. Ubah Setting Wifi Android Anda
Cara pertama atasi android tidak bisa konek wifi yaitu dengan ubah setting wifi di android. Setiap android memiliki cara settiing yang berbeda-beda, pengaturan tersebut ada pada bagian wifi dan yang harus di ubah adalah berikut ini (pastikan sama) :
IP address : 192.168.1.253 (ini biasanya yang beda)
Gateway : 192.168.1.1
Netmask : 255.255.255.0
DNS1 : 8.8.4.4
DNS2 : 8.8.8.8

2. Ubah Waktu dan Tanggal Andoid
Cara kedua atasi android tidak bisa konek wifi yaitu dengan mengubah waktu dan tanggal di android. Pastikan Anda mengatur jam dan tanggal sesuai dengan waktu lokasi dimana Anda berada. Jika Anda pemilik modem atau router wifi, pastikan juga agar settingan waktunya benar.

3. Forgot Network atau Lupa Jaringan
Cara ketiga atasi android tidak bisa konek wifi yaitu dengan forgot network. Forgot network seperti merestart hostpost yang sudah pernah tersambung di Andoid. Caranya buka menu settings > Wifi > kemudian tekan dan tahan nama hotspot selama 3 detik kemudian pilih Forgot Network. Selanjutnya silahkan pilih jaringan hostpot untuk konek.

4. Jangan Aktifkan Antivirus di Android
Cara keempat atasi android tidak bisa konek wifi yaitu dengan tidak mengaktifkan antivirus android. Antivirus memang dasarnya memproteksi android Anda saat online, namun antivirus juga dapat memblokir android Anda untuk tidak mengakses internet dari hotspot publik yang ingin anda gunakan. Akibatnya Anda tidak konek ke wifi. Jadi, matikan telebih dahulu antivirus yang ada di android Anda.

5. Bersihkan Cache Android
Solusi terakhir atau cara kelima atasi android tidak bisa konek wifi yaitu dengan membersihkan cache android. Perlu diketahui bahwa cache android jika dibiarkan terlalu menumpuk maka akan menyebabkan kekurangan performa pada android. Ada banyak cara untuk membersihkan cache di android, Anda bisa install aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master ataupun dengan menggunakan aplikasi bawaan seperti Smart Manager yang terdapat di Smartphone Samsung.


Lima cara diatas semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi android tidak bisa konek wifi. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait