7/13/2017

Cara Membuat dan Memasang Iklan In-Feed Google AdSense

Iklan In-Feed

INVHO.com - Iklan in-feed adalah salah satu terobosan model iklan baru dari Google AdSense, kehadiran model iklan in-feed ini diharapkan mampu meningkatkan CTR iklan di blog.

Model iklan in-feed sepertinya akan mendapat respon yang sangat baik bagi pubhliser AdSense, karena selain meningkatkan CTR seperti yang saya sebut diatas, jenis iklan ini bentuknya lebih menarik. In-feed dipasang di antara daftar artikel layout postingan dan tentunya bisa disesuaikan.

#Sesuaikan Iklan In-Feed
Sebelum memasang jenis iklan ini sebaiknya pahami dulu template blog Anda agar nantinya pada saat membuat unit iklan in-feed langsung sesuai dengan template. Nah, apa saja yang harus diketahui? berikut :
  • Jenis font yang digunakan
  • Ukuran font judul artikel di home page
  • Ukuran font deskripsi artikel
  • Ukuran gambar di home page
  • Border jika ada
Untuk mempermudah mengetahui kelima element di atas, saya sarankan untuk memanfaatkan fungsi Inspect Element dengan menggunkan browser Mozilla Firefox.

#Cara Membuat Iklan In-Feed Google AdSense
Membuat unit iklan in-feed tidak akan ribet jika sudah mengetahui point di atas. Berikut cara membuat iklan in-feed google adsense :

Iklan In-Feed
  • Silakan masuk ke dashboard AdSense, klik My Ads → Content → Ad Units → Unit Iklan Baru.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan baru dimana Anda disuruh memilih jenis iklan yang akan dibuat. Perintahnya kurang lebih seperti ini "What type of ad would you like to create?".
  • Setelah Anda pilih jenis iklan in-feed, saatnya Anda pilih lagi feed yang sesuai dengan model home page blog Anda dengan menekan tombol select.
  • Tahap terakhir, lakukan setting tampilan iklan in-feed nya. Dimulai dari global options, image, headline, description, url & button. Jika semua susah di setting klik Save And Get Code.
  • Jika sudah mendapatkan kodenya, pastikan kode iklan in feed nya di parse dulu sebelum memasangnya di dalam template blog.

# Cara Pasang Iklan In Feed Google AdSense
Karena iklan ini sifatnya menyesuaikan, maka cara pasang iklan in-feed ini pun harus dilakukan penyesuaian di dalam template. Anda harus menambahkan beberapa script di dalam template, apa saja itu? Simak langkah-langkah berikut :
1. Silahkan masuk ke dashboar blogger → klik Themes  → Edit HTML
2. Silahkan cari kode dibawah ini dengan tekan Control + Find (Ctrl+F)
<b:loop values='data:posts' var='post'>

3. Jika sudah ketemu, silahkan tambahkan kode tersebut dengan kode index='x', sehingga hasilnya seperti dibawah ini :
<b:loop values='data:posts' var='post' index='x'>

Catatan:
Biasanya kode diatas akan lebih dari 1 (satu), namun saya sarankan mencoba kode yang pertama atau kode yang pertama kali Anda temukan saat mencari dengan Ctrl+F.

4. Selanjutnya, silahkan Anda cari kode <div class='post-outer'> , tambahkan kode dibawah ini tepat berada dibawah kode <div class='post-outer'>.
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot; and data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:if cond='data:x==1'>
<div class='post'>
Kode Iklan In-Feed
</div>
</b:if>
<b:if cond='data:x==3'>
<div class='post'>
Kode Iklan In-Feed
</div>
</b:if>
</b:if>

Catatan:
Jangan lupa ganti tulisan Kode Iklan In-Feed dengan kode iklan yang sudah Anda buat tadi dan silahkan ganti angka 1 dan 3 untuk meyesuaikan letak unit iklan in-feed di home page. Anda bisa juga memasang 1 unit iklan in-feed saja di home page dengan menghapus kode :
<b:if cond='data:x==3'>
<div class='post'>
Kode Iklan In-Feed
</div>
</b:if>

5. Terakhir, silahkan save template dan selesai.

Karena iklan in-feed masih menyesuaikan dengan template blog Anda, maka biasanya iklan belum muncul, hanya space kosong / blank. Jadi harus menunggu, untuk di blog ini sendiri kurang lebih 5-6 jam baru iklan in-feed nya tayang.

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait