3/19/2018

Fitur Browser Google Chrome yang Jarang Diketahui Penggunanya


INVHO.com - Tak dapat dipungkiri, Google Chrome disebut-sebut sebagai browser (peramban) terbaik saat ini serta paling banyak digunakan oleh pengguna internet baik di Android ataupun di komputer.

Google Chrome yang diluncurkan oleh Google.Inc khusus untuk versi mobile, memiliki rata-rata kecepatan akses: 6.98 detik.

Meski peramban ini memiliki jumlah pengguna yang fantastis, namun hanya sedikit yang mengetahui fitur-fitur rahasianya.

Apa saja fitur-fitur tersebut? Tanpa panjang lebar, berikut adalah fitur browser Google Chrome yang jarang diketahui penggunanya:

1. Fitur Game Dinosaurus T-Rex

Sadar atau tidak, saat sedang berselancar menggunkan Chrome, tiba-tiba koneksi internet terputus, lalu muncul sosok Dinosaurus T-Rex.

Sebenarnya T-Rex tersebut adalah sebuah game bergenre endless runner dan bisa Anda mainkan. Caranya cukup dengan menekan tombol spasi (space bar) dan T-Rex akan melompat-lompat.

2. Fitur Pin Tab

Ketika Anda mencari referensi dari beberapa situs yang berbeda, dimana memungkinkan Anda harus membuka banyak tab sekaligus. Nah, tab yang Anda anggap penting, bisa simpan di browser dengan fitur pin.

Caranya hanya dengan klik kanan pada tab, lalu pilih pasang Pin pada tab. Tab yang ditandai secara otomatis akan bergeser ke sebelah kiri.

3. Fitur Kalkulator Online

Google Chrome juga menyediakan kalkulator online, jika seawaktu-waktu Anda butuh bantuan untuk menghitung, coba gunakan fitur ini. Caranya hanya dengan mengetik "Kalkulator" di kolom pencarian Google.



4. Fitur Hemat Baterai

Tips hemat baterai di Smartphone bisa Anda lakukan dengan mengurangi sedikit performa. Caranya dengan membuka menu Settings, lalu cari bagian System dan klik tombol 'Continue running background apps when Google Chrome is closed'.

5. Fitur Unduhan

Jika Anda suka mengunduh, fitur ini cocok Anda terapkan. Anda bisa memilih dimana hasil unduhan disimpan. Caranya buka menu Setting lalu klik menu Show Advanced Setting, klik Download untuk mengatur lokasi atau folder yang diinginkan.

6. Fitur Multiprofil

Jika punya lebih dari satu akun Google, Anda bisa membedakannya dengan menyimpan riwayat browsing dan bookmark dari setiap akun tersebut dengan membuat profil individu.

Caranya dengan membuka menu Setting ➟ Manage People ➟ Add Person. Fitur ini cocok bila komputer sering dipinjam.

7. Fitur Mencari Gmail dari Omnibar

Fitur ini memungkinkan pengguna browser Google Chrome bisa mencari kotak surat Gmail langsung dari omnibar.

Caranya cukup dengan membuka menu Setting, Manage Search Engines lalu cari laman yang diinginkan.

Nah, sudah tahu kan fitur-fitur dari Browser Google Chrome? Semoga bermanfaat, terima kasih.