7/22/2016

Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

INVHO.com - Mendengar tentang bisnis sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Untuk menggeluti dunia bisnis online tentu dibutuhkan sebuah strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis online itu sendiri, mulai dari bagaimana proses produksi barang yang akan dijual, proses pemasaran, hingga produk tersebut sampai ketangan konsumen. Strategi untuk meningkatkan pemasaran bisnis online adalah kunci keberhasilan dalam penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif, karena dengan strategi  maka proses marketing dapat dipertahankan.

Strategi-Untuk-Meningkatkan-Penjualan-Bisnis-Online
source image www.designbyfriday.com
Melihat kaca mata perkembangan saat ini, bisnis online menjadi salah satu alternatif untuk memulai bisnis, karena selain terbilang mudah dilakukan, juga termasuk efisien waktu, tenaga serta modal. Saat ini banyak penyedia barang atau lebih dikenal sebagai supplier yang mempermudah seseorang untuk berjualan atau berbisnis online. Pebisnis atau reseller hanya melakukan proses penjualan tanpa harus menyediakan barang dan inilah bisnis yang saat ini banyak digandrungi. Dengan adanya cara bisnis online seperti ini maka bisnis online kini tidak lagi ada batasan terbukti banyaknya muncul bisnis online seperti online shop berbasis sosial media, bisnis afiliasi, web hosting, kuliner, bahkan penyedia transportasi berbasis aplikasi.

Untuk mendukung semua itu, dibutuhkan strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis online tersebut, lalu seperti apa strategi yang harus dilakukan agar bisnis berjalan mulus, tepat sasaran serta menghasilkan keuntungan? Berikut beberapa strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda :

1.    Rencanakan Strategi
Langkah awal yang sangat penting sebelum terjun kedunia bisnis adalah membuat sebuah rencana atau plan. Anda terlebih dulu membuat list rencana strategi penjualan kedepan. Misalnya:
  • Plan menentukan terget penjualan
  • Plan meningkatkan penjualan
  • Plan siapa yang akan menjalankan strateginya.

2.    Segera Eksekusi Strategi
Banyak diantara pebisnis sudah mengetahui strategi, namun yang jadi masalah adalah trategi tidak dijalankan dengan benar, tidak konsisten, tidak maksimal, tidak fokus dan mengesampingkan. Lalu apa yang terjadi? semua yang dilaksanakan tidak membuahkan hasil. Untuk memcapai sukses dengan strategi yang sudah dibuat dari awal maka Anda harus lakukan strategi tersebut secara konsisten, seperti:
  • Lakukan monitor setiap langkah yang telah Anda kerjakan
  • Mengejar target penjualan
  • Mempunyai tim atau orang khusus yang dapat menangani eksekutif strategi jika Anda tidak mampu.

3.    Kenali Pelanggan Anda.
Identifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Karena itu perlu mengelompokkan target market dalam beberapa kategori, contoh:
  • Membidik kelompok usia 17-30 tahun jika ingin memasarkan produk sepeda sport
  • Membidik kelompok usia 20-30 tahun khusus wanita jika Anda memasarkan produk sepatu wedges.
Jadi dengan mengetahui siapa target market Anda, maka Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.

4.    Lakukanlah Promosi
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada pelanggan atau konsumen. Pastikan agar promosi yang Anda lakukan itu tetap konsisten, terus-menerus, dan dengan cara kreatif serta berbeda. Dengan begitu para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya:
  • Mengirim pesan singkat atau mengirim email kepada para pelanggan, katakan bahwa sedang ada promo dalam produk Anda.
  • Melakukan promosi dengan membidik kata kunci produk Anda, membidik target jual usia dan wilayah, promosi ini bisa Anda lakukan melalui Google AdWords.
  • Melakukan promosi Word-of-Mouth Publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut sangat ajaib, promosi ini dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat.
Selain itu, perhatikan juga bentuk promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, maka lanjutkan upaya promosi tersebut. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.

5.    Pilih Lokasi Yang Strategis
Faktor pendukung yang sangat penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah pemilihan tempat. Misalnya:
  • Outlet atau toko cake, toko tersebut selalu berada di jalan yang memiliki traffic atau pengendara yang ramai lalu lalang. 
Contoh diatas merupakan strategi cerdas dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.

6.    Menggunakan Internet Marketing.
Internet marketing adalah strategi yang terbukti sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di dunia digital. Membidik bisnis menggunakan internet marketing saat ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis, mengapa? Karena para pelaku bisnis mengetahui pelanggan kini lebih ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi.

7.    Peduli Terhadap Pelanggan.
Memelihara hubungan dengan pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru diperkirakan lebih banyak daripada memelihara pelanggan lama.

8.    Memaksimalkan Sosial Media
Dengan memaksimalkan sosial media maka bisnis online Anda akan cepat berkembang seiring dengan berkembangkan dunia digital, informasi produk yang Anda pasarkan akan lebih cepat sampai kepada calon pembeli, Anda hanya perlu melalukan promosi melalui sosial media dengan benar. Untuk mendongkrak penjualan Anda memlalui sosial media baca artikel berikut:
3 Sosial Media Bisa Mendongkrak Kemajuan Bisnis Online
9.    Memaksimalkan Database
Database jangan pernah di anggap remeh, database menjadi cara ampuh untuk memperbesar penjualan di masa mendatang. Contoh database:
  • Daftar nama pelanggan
  • Nomor telepon pelanggan
  • PIN Blackberry Messenger pelanggan
  • Alamat email pelanggan
Dengan membuat database pelanggan, maka sewaktu-waktu saat ada promo produk, Anda bisa menghubungi atau menginformasikan kepada dan ini Anda lakukan secara berkala.

10.    Perbanyak Pilihan Produk
Perbanyak pilihan produk termasuk salah satu cara meningkatkan penjualan. Misalnya, Anda harus memiliki banyak jenis produk, tipe produk dan varian produk. Bahkan jika perlu Anda siapkan produk pelengkap. Strategi ini akan membuat pelanggan Anda tidak beralih ketempat lain atau pesaing.

11.    Memiliki Tim Khusus
Tim pemasaran atau penjualan adalah ujung tombak usaha yang Anda bangun. Jika bisnis Anda mulai maju atau berkembang, pastikan Anda tidak menjalankan bisnis tersebut sendirian, usahakan untuk membangun tim yang solid. Tim penjualan bertugas untuk melayani calon pembeli, memastikan target penjualan tercapai dan juga melakukan strategi sales dan promosi yang efektif.

12.    Menerapkan Pelayanan Yang Fast Respon
Salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnin online adalah memiliki pelayanan yang cepat. Memberikan respon cepat ke pelanggan seputar pertanyaan maupun keluhan seputar produk yang Anda jual. Dengan begitu bisnis Anda naik satu level di mata pelanggan. Bisa dibayangkan jika bisnis online Anda slow respon, tentu para pelanggan beralih ke tempat lain yang lebih cepat tanggap.

13.    Membangun Reseller
Salah satu kunci keberhasilan bisnis online adalah karena memiliki banyak reseller. Reseller adalah orang yang menjual kembali produk Anda, yang mana didalamnya ada ketentuan bagi hasil atau keuntungan dari setiap produk yang dijual reseller. Untuk meningkatkan strategi ini, usahakan Anda memberikan kiat khusus atau pelatihan seputar cara meningkatkan penjualan.

Reseller
source image belajarphp.net
14.    Menggunakan Market Place
Selain memiliki website online sendiri, Anda juga bisa menggunakan website marketplace e-commerce, misalnya:
Dengan Market Place maka akan menjadi nilai tambah untuk mempromosikan produk Anda.

15. The Power of Focus
Kekuatan fokus adalah jalan menuju kesuksesan. Ketika Anda fokus memasarkan produk bersama tim Anda yang fokus pula maka yakin usaha Anda akan cepat berhasil.

Trend menjalankan bisnis online memang semakin ramai saat ini. Terlebih karena bisnis online ini bisa dijalankan oleh siapapun, dimanapun, kapanpun dan hanya bermodal gadget dan koneksi internet. Demikianlah artikel dari ini tentang strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis online, semoga informasi  ini bisa memberikan manfaat bagi Anda serta dapat menginspirasi bagi para pelaku bisnis online.

Artikel Terkait