6/13/2017

Cara Blokir Iklan Pop-up di Google Chrome

Cara Blokir Iklan Pop-up di Google Chrome

INVHO.com - Sebagai seorang pembaca atau pencari informasi di internet, tidak seharusnya memblokir semua iklan yang tampil di situs tersebut. Tidak menutup kemungkinan iklan yang tayang adalah sumber penghasilan bagi pemilik situs.

Iklan adalah sumber informasi yang cukup bermanfaat, karena selain Anda menemukan informasi yang Anda cari, Anda pun memperoleh informasi dalam bentuk iklan. Dan bisa jadi, iklan tersebut akan menjadi kebutuhan Anda. Misal, ada discount belanja, ada technology baru, dll.

Ya, saya akui tidak semua iklan membuat nyaman para pengunjung situs. Ada beberapa iklan yang cukup mengganggu seperti iklan pop-up. Iklan ini di klaim paling tidak menyenangkan, karena:
1. Iklan pop-up tiba-tiba muncul dan menutup laman artikel,
2. Iklan pop-up kadang tidak ada menu close atau tidak bisa di skip,
3. Iklan pop-up membuat smartphone jadi bergetar, membuka tab baru,
4. Iklan pop-up seperti memaksa mendownload aplikasi,
5. Iklan pop-up bagi pengguna smartphone, battery akan cepat habis,

Dengan ketidaknyamanan iklan pop-up ini, Google pun memberi sanksi kepada situs yang menampilkan iklan pop-up yang tidak ramah (menutupi hampir seluruh konten utama). Sanksi nya, situs tersebut akan ditempatkan di posisi paling bawah dalam mesin pencarian Google atau bahkan hilang dari pencarian.

Kenapa pilih Google Chrome?

Sebagai pengguna Android, tentu tidak mau mengistall banyak aplikasi web browser di androidnya. Terlalu banyak aplikasi web browser bisa mengurangi performa android itu sendiri. Untuk itu, bagi pengguna android saya sarankan agar menggunakan satu  aplikasi web browser saja yaitu Google Chrome.

Google Chrome disebut-sebut sebagai web browser Android terbaik saat ini. Google Chrome dibuat dan dikembangkan oleh Google.Inc, yang pada awalnya diciptakan hanya khusus bagi pengguna perangkat komputer saja. Namun maraknya penggunaan perangkat berbasis sistem Android di seluruh dunia, Google.Inc meluncurkan Google Chrome versi mobile yang dapat Anda gunakan pada perangkat Android Anda. Google Chrome memiliki rata-rata kecepatan akses: 6.98 detik.

Cara blokir iklan pop-ups di Google Chrome

Untuk memblokir iklan pop-up di Google Chrome sangat mudah, Anda hanya sedikit melakukan setting di Aplikasi tersebut. caranya :
1. Tekan menu sebelah kanan atas aplikasi
2. Pilih menu Settings
3. Pilih menu Site settings
4. Pilih menu Pop-ups
5. Geser kekanan untuk mengaktifkan
6. Selesai.

Setelah Anda setting, silahkan coba buka situs yang menampilkan iklan pop-up, jika masih muncul silahkan cari alternatif lain seperti download aplikasi AdBlock di Google Play. Tapi, menurut saya, iklan pop-up tersebut tidak akan muncul lagi selama Anda menggunkan browser Google Chrome dan proses settingnya sudah benar. Akan tetap ada iklan yang muncul, tapi iklan tersebut bersifat ramah atau tidak mengganggu. Jadi, tidak sepantasnya Anda menghilangkan iklan seperti itu. Ingat, iklan adalah mata pencaharian para penulis atau pemilik situs.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait