6/06/2017

Cara Pasang Kode Iklan AdSense di AMP Template Blogger

Cara-Pasang-Iklan-AdSense-di-AMP-Template-Blogger

INVHO.com - Akhirnya ada kesempatan menulis di blog ini tepatnya di bulan ramadhan, Alhamdulillah. Singkat saja, beberapa waktu lalu saya coba menggunakan AMP template di blog yang lain, walaupun masih menggunkan template free tapi ini cukup membantu saya untuk memahami bagaimana cara penggunaan AMP template blogger.

AMP template blogger sebenarnya hampir sama dengan template pada umumnya (jika tidak jeli), hanya saja ada yang berbeda pada penerapan kode iklan AdSense. Nah, hal tersebut yang akan saya share dalam tulisan kali ini yakni bagaimana cara pasang kode iklan AdSense di AMP template blogger.

Awalnya saya menerapkan kode iklan AdSense di AMP template blogger dengan menggunakan kode iklan langsung dari laman AdSense. Saya pikir semuanya baik-baik saja, karena iklan tetap muncul tanpa kendala. Namun, di hari berikutnya tepatnya di Search Console ada pesan yang mengatakan "Kesalahan di laman AMP". Ternyata kesalahan tersebut berasal dari kesalahan penerapan kode iklan AdSense di AMP template blogger.

Saya pun mencoba memperbaiki dengan mengikuti beberapa tautan dari Search Console, ternyata cara penerapan kode iklan AdSense di AMP template blogger berbeda dengan template pada umumnya. Lalu bagaimana cara pasang kode iklan AdSense di AMP Template Blogger? Berikut langkah-langkah nya:

1. Pastikan Anda sudah memasang js amp-ad

Tempatkan script berikut di template blog Anda tepat di atas kode </head>
<script async custom-element="amp-ad" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-ad-0.1.js"></script>


2. Untuk Tampak Atas Layar (Above The Fold)

Tampak layar atas atau above the fold adalah tampilan layar begitu blog terbuka (tampilan yang pertama terlihat sebelum layar digulung ke bawah). Untuk unit iklan pada tampak layar atas ini (misalnya iklan di bawah header), sangat direkomendasikan untuk menggunakan unit iklan dengan fixed-height 100px (lebar iklan akan mengikuti lebar tempatnya berada, sementara tingginya akan tetap 100px). Dengan begitu, iklan yang tampil adalah iklan dengan tinggi di rentang 100px.

Silahkan Anda gunakan kode amp-ad seperti di bawah ini :

<amp-ad
layout="fixed-height"
height="100"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
data-ad-slot="1234567890">
</amp-ad>

Jangan lupa di ganti data-ad-client dan data-ad-slot dengan iklan AdSense Anda.

3. Untuk Iklan Di Tampak Layar Setelah Di-scroll (Below The Fold)

Below the fold adalah bagian layar yang tampil setelah halaman di-scroll. Biasanya iklan ini di simpan di bawah postingan atau di atas dan di bawah komentar.

Untuk iklan ini dianjurkan untuk menggunakan unit iklan dengan tinggi 250px. Di sini saya menggunakan layout="fixed-height" sehingga iklan yang muncul adalah iklan yang memiliki tinggi di rentang 250px.

Silahkan Anda gunakan kode amp-ad seperti di bawah ini :

<amp-ad
layout="fixed-height"
height="250"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-1234567891234567"
data-ad-slot="1234567890">
</amp-ad>

Jangan lupa di ganti data-ad-client dan data-ad-slot dengan iklan AdSense Anda.
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait