3/27/2018

Cara Membuat Subdomain di Blogspot

Cara Membuat Subdomain di Blogspot

INVHO.com - Jika Anda ingin membuat blog baru yang masih berkaitan dengan blog sebelumnya namun dengan niche/topik yang berbeda, maka langkah yang tepat untuk Anda coba adalah dengan  membuat subdomain.

Membuat subdomain tidak hanya bisa dilakukan di wordpress self hosting tapi juga bisa di blogspot yang sudah custom domain TLD. Caranya pun sangat simpel dan lebih irit biaya, karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli domain baru.

Jika Anda kurang paham dengan subdomain, berikut contohnya:
➫ Domain : www.invho.com
➫ Subdomain : wisata.invho.com

Tahap membuat subdomain di blogspot ada 2 pengaturan atau setting, yakni pengaturan pada cpanel blogspot dengan membuat blog (blogspot) baru dan pengaturan pada cpanel penyedia domain atau tempat Anda membeli domain.


#Pengaturan Pada Cpanel Blogspot

Untuk di membuat subdomain pada pengaturan ini, silahkan simak langkah-langkah nya:

1. Silahkan Anda membuat blog baru lagi.

2. Masuk di Setting ➟ Basic ➟ Publishing ➟ Blog Address ➟ Lalu klik Edit.

3. Pada bagian Third party domain settings, silahkan ini kotaknya dengan subdomain yang Anda inginkan tanpa menggunakan www. Lihat gambar:

membuat-subdomain-di-blogspot

4. Untuk Name, Label, or Host fiel dan Destination, Target, or Points To field yang muncul, silahkan Anda masukkan di cpanel penyedia domain Anda.

#Pengaturan Pada Cpanel Penyedia Domain

Untuk pengaturan ini, caranya mungkin tidak akan sama karena setiap penyedia domain memiliki bentuk cpanel yang berbeda. Disini saya akan melakukan setting subdomain di cpanel IDwebhost karena saya membeli domain utamanya disana.

1. Silahkan login ke area member penyedia domain Anda.

2. Untuk di IDwebhost, silahkan masuk ke menu Domain ➟ Kelola Domain ➟ Alat Pengelola ➟ Kelola DNS.

3. Kemudian masukkan nama host dari blogspot tadi, jenis recordnya pilih CNAME (Alias). Lihat gambar:

Cpanel Domain

4 . Terakhir klik simpan perubahan

Sampai tahap ini sudah selesai, Anda tinggal menunggu propagasi domain maksimal 24 jam atau bisa lebih cepat, tergantung dari penyedia domainnya.

Untuk mengetahui masa propagasi domain, Anda bisa cek di pengaturan blogspot nya. Jika subdomain Anda saat disimpan dan tidak terjadi error lagi, itu artinya Anda telah berhasil membuat subdomain di blogspot.

Tagcara membuat subdomain di blogspot, subdomain ke blogger, subdomain blogspot rumahweb, blogger custom subdomain, cara mengarahkan subdomain ke blogger, cara membuat subdomain di idwebhost, cara menghubungkan blog ke cpanel, cara membuat subdomain di wordpress, cara custom domain blogspot rumahweb.