11/28/2018

Harus Selalu Dicek, Berikut Ini Komponen - Komponen Penting pada Rem agar Selalu Aman

INVHO.com - Sistem pengereman pada mobil termasuk yang paling penting untuk selalu diperhatikan karena berhubungan langsung dengan keselamatan. Bayangkan saja, jika sistem rem tidak berjalan dengan baik hal yang fatal tentu bisa terjadi bagi para pengendara. Sebab itulah, mengingat pengereman begitu krusial perannya, pecinta otomotif perlu mengecek secara rutin segala komponen yang ada pada sistem rem.

Sebelum membahas komponen-komponen tersebut, secara singkat berikut ini fungsi sistem pengereman pada mobil. Apabila sistem pengereman rusak, segera bawa ke bengkel resmi Toyota Juanda.

  • Berfungsi mengurangi laju kendaraan.
  • Berfungsi menghentikan kendaraan.
  • Berfungsi dalam memarkir kendaraan.
  • Berfungsi membantu di jalan menanjak atau menurun serta tempat yang tidak rata.

Harus Selalu Dicek, Berikut Ini Komponen – Komponen Penting pada Rem agar Selalu Aman

Sudah jelas sistem pengereman tidak boleh dihiraukan demi urusan berkendara aman dan nyaman. Di bawah ini ialah berbagai komponen pada sistem rem yang perlu diperiksa, diservis berkala dan segera diperbaiki atau diganti ketika rusak di bengkel resmi Toyota Juanda.

1. Rem Cakram

Cara kerja rem cakram ialah berputar bersamaan dengan roda. Saat pedal rem ditekan, pedal rem tersebut akan menjepit cakram sehingga kecepatan berkurang atau berhenti. Rem cakram yang rusak sangatlah buruk akibatnya pada sistem pengereman dan harus segera diservis di bengkel resmi Toyota Juanda.

2. Rem Tromol

Rem tromol merupakan tipe rem dengan tromol sebagai media pengeremannya. Tromol akan berputar bersamaan dengan roda dan ketika pedal rem ditekan akan membaut kanvas rem menekan tromol sehingga kecepatan berkurang atau berhenti. Servis segera rem tromol jika rusak di bengkel resmi Toyota Juanda.

3. Katup Proporsi

Katup proporsi berfungsi mengimbangi tekanan antara rem pada bagian depan dan bagian belakang. Fungsi katup proporsi tersebut juga termasuk salah satu yang penting sehingga perlu dicek selalu di bengkel resmi Toyota Juanda.

4. Brake Boster

Brake boster adalah komponen yang memiliki fungsi supaya memperingan pengguna ketika menginjak pedal rem. Komponen yang satu ini juga tidak bisa dianggap sepele dan agar sistem pengereman selalu baik lakukan servis rutin di bengkel resmi Toyota Juanda.

5. Brake Pedal

Brake pedal berfungsi sebagai pedal tempat para pengemudi mobil untuk mengerem. Rem blong bisa diketahui dari brake pedal ini. Ketika sudah ada tanda-tanda rem akan blong, segera lakukan pengecekkan di bengkel resmi Toyota Juanda.

6. Parking Brake Lever

Parking brake lever atau disebut juga tuas parkir seperti yang sudah diketahui merupakan tuas yang digunakan untuk menarik rem parkir. Tuas ini penting perannya agar mobil tidak melorot ketika parkir atau melaju di jalan menanjak.

Sistem pengereman yang terganggu begitu membahayakan pengendara mobil. Oleh sebab itulah, komponen dari sistem rem mobil harus selalu diperhatikan dan servis secara berkala di bengkel resmi Toyota Juanda Auto2000. Toyota Juanda Auto2000 pun memberikan penawaran untuk layanan servis dengan booking terlebih dahulu yang infonya bisa dicek di website Auto2000 auto2000.co.id.