Cara Partisi Hard Disk atau Tambah Drive di Laptop Baru Windows 10

Partisi Hard Disk

INVHO.com - Jika Anda baru saja memberi Laptop atau PC secara online dengan windows 10 original, saya yakin bahwa hanya ada satu drive C dengan kapasital sangat besar.

Bagi pemula mungkin Anda bingung, bertanya-tanya bagaimana cara menambah atau mumunculkan drive lainnya seperti drive D atau G di Laptop baru kesayangan Anda.

Partisi atau membagi drive C ini perlu dilakukan, karena data-data penting bisa Anda simpan atau kelompokkan dalam drive sesuai kebutuhan. Pada saat terjadi kerusakan software dan memungkinkan harus install ulang windows, maka data yang Anda simpan dari hasil partisi tidak ikut hilang atau terhapus.

Cara partisi hard disk atau tambah drive di laptop baru windows 10 sangat mudah dilakukan dan tanpa menggunakan software. Berikut langkah-langkahnya:

1. Disini saya coba akan menambah partisi dengan nama drive M.

2. Ketik di pencarian "Disk Management" lalu muncul tulisan "Create and format hard disk partitions" lalu klik untuk memulai partisi.

Disk Management

3. Berikutnya muncul tampilan seperti gambar berikut, yang akan di partisi adalah drive C. Klik kanan pada Windows (C:) lalu pilih Shrink Valume. Tunggu sampai muncul tampilan berikutnya.

Partisi Hard Disk

4. Selanjutnya silahkan pilih jumlah kapasitas yang ingin Anda partisi, disini saya coba akan partisi sebesar 400000 MB atau setara dengan 4GB. Lanjut dengan tekan Shrink.


5. Pada bagian bawah akan muncul jumlah kapasitas yang sudah dipilih untuk di partisi dengan tulisan Unallocated. Klik kanan lalu pilih New simple volume ⇢ tekan NextNext lagi, pada Assign the following drive letter, silahkan pilih nama drive yang ada kehendaki. Disini saya pilih huruf M, klik Next lalu ubah nama kolom Volume label (opsional). Disini saya beri nama "Media". Selanjutnya Next dan terakhir tekan tombol Finish.

Partisi Hard Disk

Sekarang drive yang sudah Anda tambahkan sudah muncul dan bertambah, untuk memastikan silahkan masuk File Explorer dan pilih This PC. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

0 Response to "Cara Partisi Hard Disk atau Tambah Drive di Laptop Baru Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel