7/09/2016

5 Cara Membuat Pengunjung Blog Tetap Ada Meski Jarang Update Artikel

INVHO.com - Update artikel secara berkala sering menjadi kendala yang dihadapi oleh seorang blogger, apalagi jika masih pemula. Untuk ukuran master pun di dunia blogger, kadang kekurangan inspirasi untuk menulis. Kecuali jika mereka memiliki jasa penulis profesional, pasti memiliki persediaan artikel yang kapan saja bisa di publish dan tentu artikel tersebut fresh dan original.

Trafik Blog

Bagi Anda yang bermain blogger yang notabenenya tidak memiliki latar belakang menulis atau menulis bukan hobby Anda. Mungkin saat Anda kekurangan topik maka timbul rasa malas, bosan atau mungkin rasa untuk berhenti bermain blog.

Namun Anda jangan kawatir karena bukan sebuah jaminan bahwa update artikel setiap hari maka pengunjung blog akan terus meningkat. Ada cara membuat pengunjung blog tetap ada meski jarang update artikel :

1.    Membuat sebuah artikel yang tetap hidup

Membuat sebuah artikel yang tetap hidup atau lebih sering dikenal sebagai content evergreen, content evergreen adalah adalah konten yang selalu menyesuaikan diri sesuai dengan perkembangan, selalu relevan meski dibaca kapan saja. Dengan adanya content evergreen di blog Anda maka saya yakin pengunjung blog Anda akan tetap ada dan akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, saya jadikan sebagai alasan pertama dalam meningkatkan pengunjung blog.

Salah satu cara yang dilakukan agar artikel tetap hidup adalah dengan melakukan update terhadap artikel itu sendiri. Lakukan pembaharuan terhadap artikel Anda yang sudah berumur, ulas kembali artikel tersebut jadi artikel masa kini. Sebagai contoh jika dulunya Anda membuat artikel tentang cara buat akun google pada tahun 2014, maka ditahun sekarang ada perubahan tampilan karena google melakukan perubahan tampilan cara membuat akun google, karena itu perlu Anda perbaharui artikel tersebut, paling tidak dari segi gambar.

Dengan begitu, artikel Anda akan tetap fresh, tidak cepat terlihat basi. Apalagi jika Anda hilangkan tanggal posting di pencarian google.

2.    Membuat sebuah artikel tentang panduan atau tutorial

Artikel panduan atau tutorial adalah artikel yang paling sering di cari, dengan Anda membuat sebuah artikel panduan atau tutorial maka dengan sengaja kita memberikan sebuah sekali pengajaran secara lengkap kepada beberapa orang yang memang sedang membutuhkan. Dengan begitu, impact nya akan lebih cepat terasa terhadap pengunjung blog.

Contoh artikel panduan atau tutorial di blog ini :

3.    Membuat sebuah artikel tentang definisi

Artikel tentang definisi adalah artikel yang menguraikan sebuah arti, memberikan penjelasan mengenai maksud dari sebuah arti kata atau kalimat yang susah di pahami seseorang.

Contoh situs yang paling banyak mengartikan sebuah kata atau kalimat yang susah dipahami adalah wikipedia, betapa tidak wikipedia mejadi salah satu situs yang populer. Wikipedia selalu bertengger di halaman pertama google jika melakukan pencarian tentang definisi.

Dengan membuat artikel tentang definisi maka tidak menutup kemungkinan blog Anda akan ikut populer seperti wikipedia, apalagi jika Anda suguhkan artikel tersebut dengan konsep bahasa yang mudah dipahami, berbeda dengan wikipedia yang kebanyakan orang susah mencernah gaya bahasa yang digunakan oleh wikipedia.

4.    Membuat artikel dengan jenis daftar

Ini adalah termasuk jenis artikel yang populer dikalangan blogger. Artikel jenis daftar adalah artikel yang kerap menampilkan sebuah daftar tertentu. Artikel jenis daftar akan lebih mudah Anda pahami melalui judul artikel nya, biasanya pada judul artikel terdapat sebuah angka.

Pastikan di blog yang Anda kelola memiliki jenis artikel daftar, karena menurut saya jenis artikel daftar lebih mudah untuk memperoleh inspirasi, Anda hanya perlu menetukan topik utama pembahasannya, selanjutnya penjabarannya bisa Anda peroleh dengan bantuan pencarian di google. Jangan lupa Anda jabarkan dengan bahasa Anda sendiri agar tidak terlihat plagiat. Contoh artikel dengan jenis daftar seperti dalam artikel ini:

5.    Melakukan share dan promosi artikel yang sudah ada

Terakhir yang tidak kalah penting adalah melakukan share atau promosi artikel. Ini sangat harus dilakukan karena perkembangan sosial media terus menjadi populer, orang-orang lebih sering membaca artikel maupun berita melalui sosial media.

Jika di blog Anda sudah suguhkan artikel atau konten yang menarik serta tidak gampang basi dan up to date, maka Anda hanya perlu melakukan share secara berkala serta mempromosikan artikel tersebut agar semakin lebih populer.

Melakukan share dan promosi artikel yang sudah ada menurut saya lebih efektif dan efisien dibandingkan jika terus-terusan menghabiskan waktu untuk membuat postingan baru.

Kesimpulan

Menjadi seorang blogger hanya butuh sebuah konsep, dengan konsep yang Anda buat, maka akan lebih mudah menerapkan plan. Contoh konsepnya bisa ada lihat dari ke-5 cara diatas, dengan menerapkan ke-5 cara diatas di blog Anda, maka bisa dipastikan blog Anda akan selalu ada pengunjung meskipun jarang update artikel. Semoga artikel ini bisa memberikan motivasi agar tetap kuat menjalani rutinitas hari-hari Anda dengan menjadi seorang blogger.

Artikel Terkait