3 Lembaga Terpercaya Untuk Membayar Zakat Fitrah Secara Online

3 Lembaga Terpercaya Membayar Zakat Fitrah Secara Online

INVHO.com - Kali ini kami bagikan artikel tentang lembaga terpercaya untuk membayar zakat fitrah secara online. Nah apa itu zakat? Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan apabila telah memenuhi syarat – syarat yang telah ditentukan oleh agama, dan disalurkan kepada orang–orang yang telah ditentukan pula, yaitu delapan golongan yang berhak menerima zakat sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 60 :
Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dibujuk hatinya, untuk  budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
Jenis atau macam zakat ada dua yaitu zakat fitrah dan zakat mall, namun secara spesifik, disini kita hanya akan bahas tentang zakat fitrah.

Apa Itu Zakat Fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Zakat fitrah adalah zakat wajib yang harus dikeluarkan sekali setahun yaitu saat bulan ramadhan menjelang idul fitri. Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Ketentuan Zakat Fitrah

Ketentuan zakat fitrah adalah sebagia berikut:
  • Besarnya zakat fitrah adalah 2.5 kg, atau menurut Abu Hanifah, boleh membayarkan sesuai dengan harga makanan pokok.
  • Orang yang wajib membayar zakat fitrah adalah semua muslim tanpa membedakan laki-laki dan perempuan, bayi, anak-anak dan dewasa, kaya atau miskin (yang mempunyai makanan pokok lebih dari sehari).
  • Waktu mengeluarkan zakat fitrah adalah boleh pada awal bulan Ramadhan, tetapi wajibnya zakat fitrah diberikan menjelang Sholat Idul Fitri atau tenggelamnya matahari di akhir bulan Ramadhan.

Lembaga Terpercaya Membayar Zakat Fitrah Secara Online

Biasanya untuk membayar zakat fitrah, warga muslim membawa makanan pokok berupa beras ke masjid atau tempat yang sudah ditentukan oleh pengurus masjid. Namun karena adanya pandemi atau hal lain sehingga tidak bisa menyempatkan diri untuk datang langsung ke masjid menunaikan zakat fitrah maka Anda bisa melakukan atau membayar zakat fitrah secara online.

Berikut 3 lembaga terpercaya yang bisa Anda pilih untuk membayar zakat fitrah secara online.

1.  Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (disingkat BAZNAS) adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. BAZNAS merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

2.  Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah Lembaga Amil Zakat milik masyarakat, berdiri sejak tahun 1993, yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok maupun perusahaan.

3.  Rumah Zakat
Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan).

Ketiga lembaga tersebut diatas menjamin zakat Anda tersalurkan kepada orang-orang yang memang membutuhkan. Kenyamanan untuk membayar zakat secara online pun tidak ribet karena banyak pilihan atau metode pembayaran yang tersedia.

Bahkan ketiga lembaga tersebut sudah menyediakan kode barcode yang bisa langsung di scan melalui menu QR di Aplikasi perbankan atau Aplikasi dompet digital Anda. Praktis dan sangat mudah! Demikian artikel ini tentang bayar zakat fitrah secara online, mohon dibagikan jika bermanfaat, terima kasih.

Artikel Terkait

0 Response to "3 Lembaga Terpercaya Untuk Membayar Zakat Fitrah Secara Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel